Peran Komunitas Untuk Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Dalam Mengelola Sampah (Studi Kasus Komunitas Trash Hero Chapter Jakarta)

Syawalidan, Syahdan (2024) Peran Komunitas Untuk Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Dalam Mengelola Sampah (Studi Kasus Komunitas Trash Hero Chapter Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam berbagai situasi, masyarakat dihadapkan pada tantangan seperti ketidaksetaraan, kemiskinan, ketidakseimbangan lingkungan, atau perubahan perilaku yang tidak berkelanjutan. Dengan melibatkan kolaborasi dan partisipasi aktif anggotanya, komunitas mampu menggerakkan energi positif yang memotivasi perubahan perilaku. Komunitas yang efektif sebagai agen perubahan dapat membangun kesadaran, menginspirasi partisipasi aktif, dan membentuk norma sosial yang mendukung perubahan positif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah lima orang, dipilih melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori Difusi Inovasi Everett Rogers ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana komunitas seperti Trash Hero Chapter Jakarta dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam pengelolaan sampah. Melalui pendekatan ini, komunitas bisa menjadi agen perubahan yang kuat dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.. Adapun dampak perubahan sosial dan perilaku, yaitu : 1) Membuat Masyarakat ikut turun berpartisipasi dalam peduli lingkungan 2) Mengedukasi Masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri tentang pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:22
Last Modified: 19 Mar 2024 07:22
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item