ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERTIMBANGAN HUKUMAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PADA KASUS PENCEMARAN NAMA BAIK DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Putusan Nomor 552/Pid.Sus/2022/PN.JKT.SEL)

Mulia, Belva (2024) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PERTIMBANGAN HUKUMAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PADA KASUS PENCEMARAN NAMA BAIK DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Putusan Nomor 552/Pid.Sus/2022/PN.JKT.SEL). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (765kB)

Abstract

Perbuatan pencemaran nama baik dapat dilakukan secara tertulis maupun lisan yang peraturannya terdapat dalam Pasal 310 sampai dengan Pasal 321 dalam KUHP lama serta dalam Pasal 433 dam 434 Undang-Undang KUHP baru Nomor 1 Tahun 2023, namun semakin berkembangnya zaman yang serba bergantung dengan media sosial dan banyak penyalahgunaan, maka dibuatlah Undang-Undang tentang Informasi Teknologi dan Elektronik. Pada peradilan tindak pidana, penjatuhan putusan yang hakim lakukan merupakan suatu proses yang kompleks, sehingga membutuhkan adanya ketelitian dan sikap bijaksana. Seorang hakim seharusnya memiliki keyakinan seorang terdakwa yang telah melakukan tindak pidana atau tidak melakukan dengan melihat bukti untuk menentukan kesalahan terdakwa. Beberapa rumusan masalah dijabarkan sebagai berikut, 1) menganalisis dakwaan hakim dan 2) menganalisis pertimbangan hakim. Bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dakwaan jaksa maupun pertimbangan hakim. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam Putusan Nomor 552/Pid.Sus/2022/PN.JKT.Sel menggunakan yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwaan jaksa belum memenuhi teori kepastian hukum, namun telah memenuhi teori pemidanaan. Selain itu, pertimbangan hakim juga belum memenuhi teori kepastian hukum, teori pemidanaan, serta teori pertimbangan hukum hakim. Kata Kunci : Pencemaran Nama Baik, Pertimbangan Hukum Hakim

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:59
Last Modified: 19 Mar 2024 01:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item