RESPON PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) TERHADAP PROGRAM ALIH FUNGSI PASAR TRADISIONAL MENJADI KAWASAN TAMAN HIJAU DI JAKARTA TIMUR

Yolanda, Febriscka (2024) RESPON PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) TERHADAP PROGRAM ALIH FUNGSI PASAR TRADISIONAL MENJADI KAWASAN TAMAN HIJAU DI JAKARTA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang respon Pedagang Kaki Lima (PKL) terhadap program alih fungsi pasar tradisional menjadi kawasan taman hijau di Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respon dan alasan para Pedagang Kaki Lima (PKL) menerima atau menolak terhadap program alih fungsi pasar tradisional menjadi kawasan taman hijau di Pasar Perabotan Rumah Tangga, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori konflik kepentingan yang dikemukakan oleh Novri Susan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat respon pro dari PKL yaitu mendukung dalam menciptakan lingkungan menjadi aman dan nyaman bagi masyarakat termasuk PKL dan pelanggan, dan potensi peningkatan fasilitas dan infrastruktur di Jalan Bekasi Barat VI. Sedangkan mayoritas respon kontra dari PKL adalah menolak penertiban lapak dagangan lantaran mahalnya biaya sewa kios dan kurangnya luas lahan kios di tempat relokasi binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti Pasar Gedung Samboja dan PD Pasar Jaya Jatinegara. Hal tersebut menimbulkan konflik kepentingan antara PKL dan pemerintah, serta terdapat dampak sosial dan ekonomi bagi PKL pasca penertiban lapak dagangan dan relokasi PKL. Kata Kunci: Respon, Pedagang Kaki Lima (PKL), Relokasi, Taman Hijau, Konflik Kepentingan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:16
Last Modified: 18 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10034

Actions (login required)

View Item View Item