UPAYA BADAN USAHA MILIK DAERAH DALAM MEMENUHI KUOTA PEKERJA BAGI MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di PT. Transportasi Jakarta)

Marpaung, Gabriel Petrus Julianro (2024) UPAYA BADAN USAHA MILIK DAERAH DALAM MEMENUHI KUOTA PEKERJA BAGI MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di PT. Transportasi Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Upaya Badan Usaha Milik Daerah dalam Memenuhi Kuota Pekerja bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas (Studi Kasus PT. Transportasi Jakarta)”. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan PT. Transportasi Jakarta sebagai salah satu BUMD dalam memenuhi kuota pekerja disabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik penentuan informan purposive sampling yaitu Pejabat terkait, staf terkait bidang Sumber Daya Manusia PT. Transportasi Jakarta dan Pekerja Disabilitas di PT. Transjakarta. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan landasan teori Hak Asasi Manusia sebagai pedoman kebijakan pemenuhan kuota pekerja disabilitas di PT. Transportasi Jakarta. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa upaya PT. Transportasi Jakarta sebagai salah satu BUMD belum optimal dalam pelaksanaannya. Dengan jumlah keseluruhan pegawai mencapai 6.526 orang hanya terdapat 4 pegawai disabilitas yang terdata. Berbagai hambatan yang dialami oleh PT. Transportasi Jakarta dalam upaya memenuhi kuota pekerja disabilatis dipengaruhi beberapa faktor yaitu kondisi perusahaan yang sedang dalam pemulihan pasca Covid, kurangnya penyebaran informasi pembukaan lowongan pekerjaan kepada penyandang disabilitas, tidak memadainya fasilitas untuk mengakomodasi penyandang disabilitas. Diketahui juga tengah ada pengembangan program kolaborasi dari pemerintah dengan perusahaan yaitu Program Inclusive Job Center sebagai upaya menanggulangi partisipasi penyandang disabilitas dalam dunia kerja dalam mengimplementasikan kebijakan inklusif terkait tenaga kerja disabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:09
Last Modified: 18 Mar 2024 04:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item