PERBANDINGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER III YANG KONSUMSI BUAH JAMBU BIJI MERAH DENGAN BUAH NAGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIKAJANG GARUT

Rahayu, Untung Sri (2024) PERBANDINGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER III YANG KONSUMSI BUAH JAMBU BIJI MERAH DENGAN BUAH NAGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIKAJANG GARUT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Wanita hamil memiliki resiko tinggi mengalami anemia terutama disebabkan karena kekurangan zat bezi. Penyerapan zat besi pada setiap ibu berbeda-beda, oleh karena itu perlunya zat tambahan utuk mempercepat proses penyerapan tersebut. Buah naga dan buah jambu biji memiliki kadar vitamin c yang tinggi sehigga dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Tujuan: untuk mengetahui perbandingan buah naga dengan buah jambu biji merah dalam meningkatkan kadar hemoglobin ibu hamil trimester III dengan anemia di wilayah kerja Puskesmas Cikajang kabupaten garut tahun 2023. Metode: penelitian Quasi-Experiment dengan pendekatan two group pretest postest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 orang terdiri dari 16 orang kelompok konsumsi buah jambu biji merah dan 16 orang kelompok konsumsi buah naga.setiap orang konsumsi buah sebanyak 100 gr buah per hari di waktu siang selama 14 hari instrument penelitian menggunakan Hb Test dan lembar ceklis Data dianalisis menggunakan Paired T-Test dan independent TTest Hasil Penelitian : Terdapat pengaruh yang signifikan peningkatan kadar hb pada ke dua kelompok (p<0,005). peningkatan kadar hb pada kelompok konsumsi buah naga lebih tinggi secara signifikan di bandingkan kelompok konsumsi buah jambu biji merah(p<0,002) Simpulan : Konsumsi buah jambu biji merah dan konsumsi buah naga dapat meningkatkan kadar hb secara signifikan Saran : Bidan dapat memberikan edukasi kepada ibu hamil dengan anemia,dengan konsumsi tablet fe konsumsi buah jambu biji merah dan konsumsi buah naga untuk meningkatkan kadar hb. Kata Kunci : Anemia, Hemoglobin, Buah Naga, Buah Jambu Biji, Ibu hamil TM III Kepustakaan : 38 pustaka (2015-2022)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:53
Last Modified: 18 Mar 2024 02:53
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item