Saputra, Mahesa Dias (2025) ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP EVALUASI KINERJA PEMIMPIN DI SEKTOR PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM DAN NAIVE BAYES. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
|
Text
Cover (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
BAB II (1).pdf Download (329kB) |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (268kB) |
|
|
Text
BAB IV (1).pdf Download (689kB) |
|
|
Text
BAB V (1).pdf Download (110kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN (1).pdf Download (409kB) |
Abstract
Twitter telah menjadi alat yang tepat bagi orang untuk berbagi pendapat tentang berbagai topik
, termasuk kebijakan pemerintah di sektor pendidikan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mempelajari bagaimana orang memandang keberhasilan Pemimpin di bidang pendidikan
dengan mengevaluasi sentimen aktif di Twitter menggunakan algoritma Support Vector
Machine (SVM) dan Naïve Bayes . Data diperoleh melalui teknik perayapan yang
memanfaatkan kata kunci relevan , diikuti oleh beberapa proses pemrosesan , seperti
pembersihan teks , tokenisasi , dan penghapusan stopword , sebelum analisis pesan dilakukan
. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa SVM lebih akurat daripada Naïve Bayes dalam
mengklasifikasikan sikap positif, negatif, dan netral , dengan ambang akurasi sebesar 75,2 %,
sedangkan Naïve Bayes memiliki akurasi yang lebih besar . Semua hal sebelumnya
menunjukkan bahwa SVM lebih efektif dalam memproses teks yang rumit , seperti postingan
media sosial . Diyakini bahwa temuan penelitian ini akan membantu pemerintah dan individu
yang terlibat dalam pendidikan memahami sikap publik terhadap perubahan pendidikan saat
ini.
| Item Type: | Thesis (Bachelor) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika |
| Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:57 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
