Analisis Pengaruh Konten CeritaAnakJakarta (CAJ) di TikTok terhadap Engagement Telkomsel Menggunakan Regresi Linear Berganda pada Metode Kualitatif Etnografi

Ammar, Muhamad (2025) Analisis Pengaruh Konten CeritaAnakJakarta (CAJ) di TikTok terhadap Engagement Telkomsel Menggunakan Regresi Linear Berganda pada Metode Kualitatif Etnografi. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (453kB)

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial memainkan peran penting dalam
membangun engagement pelanggan terhadap suatu merek. TikTok, sebagai salah satu platform
media sosial yang populer, memberikan peluang bagi perusahaan untuk menjangkau audiens
yang lebih luas melalui konten kreatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh konten CeritaAnakJakarta (CAJ) di TikTok terhadap engagement
Telkomsel menggunakan metode regresi linear berganda dan pendekatan kualitatif etnografi.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini mencakup video views, reached audience, dan
profile views sebagai faktor yang mempengaruhi engagement, yang diukur melalui jumlah
likes, comments, dan shares. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah video views memiliki
pengaruh paling signifikan terhadap engagement, meskipun terdapat korelasi negatif antara
keduanya. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun suatu video memiliki jumlah tayangan
tinggi, tidak selalu diikuti oleh tingkat interaksi yang tinggi.
Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa kunjungan ke profil (profile views) memiliki
korelasi positif terhadap engagement, yang menunjukkan bahwa pengguna yang mengunjungi
profil lebih cenderung terlibat dalam interaksi terhadap konten. Implikasi dari penelitian ini
menyoroti pentingnya strategi konten berbasis storytelling untuk meningkatkan keterlibatan
pengguna serta mengoptimalkan elemen yang dapat mendorong interaksi aktif di TikTok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:57
Last Modified: 15 Sep 2025 03:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item