OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK DI JAKARTA (Studi Kasus Forever Green Hydroponic Farm, Jakarta Timur)

Utari, Aninda Puti (2025) OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK DI JAKARTA (Studi Kasus Forever Green Hydroponic Farm, Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf] Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Turnitin).pdf] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi strategi pemasaran dan merumuskan alternatif strategi pemasaran
yang efektif untuk dilakukan pada usaha sayuran hidroponik di Forever Green
Hydroponic Farm. Penelitian ini dilaksanakan di Forever Green Hydroponic Farm,
Duren Sawit, Jakarta Timur, Kota Jakarta pada bulan Desember 2024-Januari 2025.
Pengumpulan data menggunakan metode sampel jenuh dan pengambilan sampel
yang digunakan sebanyak 32 responden. Penelitian ini menggunakan analisis
SWOT. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Forever Green Hydroponic Farm
yaitu dengan memanfaatkan digital marketing seperti Instagram, Tiktok,
Tokopedia, dan WhatsApp dalam proses pemasaran dan penjualan sayuran
hidroponik tersebut. Hasil analisis IFE, pada kekuatan utama yaitu menjual sayuran
hidroponik melalui Instagram, Tokopedia, TikTok, dan WhatsApp dan
kelemahannya yaitu harga sayuran hidroponik cukup mahal dibandingkan sayuran
konvensional dan pengeluaran untuk aktivitas produksi sayuran cukup besar.
Sedangkan hasil analisis matriks EFE, menunjukkan peluang terbesar yaitu
permintaan sayuran hidroponik diperkirakan meningkat dalam beberapa tahun ke
depan dan ancamannya yaitu pesaing dengan penawaran menarik dan harga jual
lebih murah dan ancamannya yaitu pesaing dengan penawaran menarik dan harga
jual lebih murah. Diharapkan Forever Green Hydroponic Farm memajukan
pemasaran bisnis tersebut serta dapat mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada
serta dapat mempertahankan kualitas sayuran untuk meningkatkan permintaan
sayuran hidroponik di masa depan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2025 06:17
Last Modified: 15 Sep 2025 06:20
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item