INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KOTA BANDUNG

ZAKIYAH, NUR (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KOTA BANDUNG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan inovasi pelayanan publik berbasis digital
dalam konteks pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kota Bandung.
Penelitian ini menekankan pentingnya teknik analisis data dalam memproses
informasi yang diperoleh selama tahap penelitian, yang sangat penting untuk
memahami penerapan inovasi ini dalam upaya pelayanan publik. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui inovasi SAMBARA di SAPAWARGA dalam peningkatan
kepatuhan wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kota
Bandung. Menggunakan metodologi kualitatif dengan melakukan wawancara
langsung, observasi dan dokumentasi yang dilihat dari 5 (lima) dimensi yakni
Keuntungan relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemampuan Diuji Coba, dan
Kemudahan Diamati dengan fokus pada pemahaman mendalam tentang perilaku
pengguna terkait aplikasi SAMBARA di SAPAWARGA yang dirancang untuk
pengecekan dan pembayaran pajak di Jawa Barat. Selain itu, dalam penelitian ini
membahas pentingnya pengalaman pengguna dan bukti sosial dalam mendorong
adopsi aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi SAMBARA di
SAPAWARGA yang diukur oleh 5 (lima) dimensi memiliki kelebihan dibandingkan
sistem SAMBARA sebelumnya, aplikasi SAMBARA di SAPAWARGA juga sudah
sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan prosedur yang ada di dalam aplikasi juga
mudah digunakan.
Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, Pajak, Kendaraan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:52
Last Modified: 28 Jul 2025 03:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item