INOVASI PELAYANAN TERPADU ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI PUSAT GROSIR CILILITAN

Rifqi, Ahmad (2025) INOVASI PELAYANAN TERPADU ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI PUSAT GROSIR CILILITAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan menjadi salah satu
langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini
membahas inovasi pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di
PGC Terpadu Pelayanan Publik dengan menggunakan teori difusi inovasi Everett
M. Rogers yang terdiri dari lima indikator utama: keunggulan relatif, kesesuaian,
kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa layanan ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat
dalam hal aksesibilitas, efisiensi, dan kepuasan. Keunggulan relatif terlihat dari
kemudahan akses di pusat perbelanjaan yang mengurangi waktu dan biaya
pengurusan dokumen. Dari segi kesesuaian, layanan ini memenuhi kebutuhan
masyarakat urban yang menginginkan pelayanan cepat dan terintegrasi. Indikator
kerumitan menunjukkan bahwa layanan ini cukup mudah digunakan, meskipun
ada kendala seperti keterbatasan blanko dan lokasi yang terkadang sulit
ditemukan. Indikator kemungkinan dicoba membuktikan bahwa konsep ini
fleksibel dan dapat direplikasi di lokasi lain. Sedangkan dalam aspek kemudahan
diamati, tingginya antusiasme masyarakat menunjukkan keberhasilan inovasi ini.
Namun, tantangan masih ada, seperti keterbatasan blanko dokumen dan lokasi
layanan yang tidak selalu mudah ditemukan oleh pengunjung baru. Dengan
berbagai perbaikan, layanan ini dapat menjadi model pelayanan administrasi
kependudukan yang lebih efisien dan dapat diterapkan di berbagai daerah lainnya.
Kata Kunci: Inovasi, Administrasi Kependudukan, Dukcapil, PGC Terpadu
Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:26
Last Modified: 28 Jul 2025 03:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item