Pengaruh Expressive Writing Therapy Pada Tingkat Stres Siswi di SMPIT Assu'adaa Bekasi

FADHILAH, SARAH NUR (2024) Pengaruh Expressive Writing Therapy Pada Tingkat Stres Siswi di SMPIT Assu'adaa Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Masa remaja merupakan suatu tahap perkembangan psikologis yang rentan, dikenal dengan tahap pencarian jati diri. Full Day School merupakan sistem pembelajaran intensif dilakukan selama 8 jam sehari. Stres ialah gangguan homeostasis yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keseimbangan fisiologis karena adanya rangsangan psikologis. Expressive writing therapy merupakan bentuk terapi yang melibatkan refleksi pikiran dan perasaan terdalam, membantu individu untuk mengubah cara berpikir dan mengendalikan emosi menjadi lebih baik, meredakan tekanan emosional serta memberi kesempatan untuk fokus pada perilaku dan tujuannya. Tujuan : Untuk melihat pengaruh expressive writing therapy pada tingkat stres siswi di SMPIT Assu’adaa Bekasi Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan one group pretest and posttest design Hasil Penelitian : Terdapat dari hasil penelitian sebelum dilakukan intervensi expressive writing therapy diketahui responden yang mengalami stres sedang sebanyak 20 responden (66,7%) dan setelah dilakukan intevensi terdapat perubahan menjadi stres ringan (60%). Hasil uji Wilcoxon signed rank test diperoleh hasil p value 0,00 < 0,05 terdapat pengaruh antara intervensi expressive writing therapy terhadap tingkat stres pada siswi di SMPIT Assu’adaa Bekasi Kesimpulan : Expressive writing therapy berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres siswi Saran : Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran serta dapat diterapkan untuk mengurangi tingkat stres terutama pada remaja. Kata Kunci : Expressive Writing Therapy, Full Day School, Remaja, Stres Referensi : 63 (1996-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:13
Last Modified: 15 Mar 2024 03:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item