PENGELOLAAN PENGADUAN DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH PENGELOLA AIR LIMBAH PERUMDA PALJAYA JAKARTA SELATAN 2023

Rido, M. Rifki (2024) PENGELOLAAN PENGADUAN DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH PENGELOLA AIR LIMBAH PERUMDA PALJAYA JAKARTA SELATAN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi terkait dengan pengelolaan pengaduan dalam pelayanan publik pada perusahaan umum daerah pengelola air limbah perumda PAL JAYA Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, observasi langsung, dan analisis dokumen yang berkaitan. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa Perumda PAL JAYA telah memiliki sistem yang terstruktur dan masif mesikupun terdapat sedikit kendala dalam pelaksanaanya. Kendala yang dihadapi pada proses pelaksanaan pengelolaan pengaduan diantaranya seperti keterbatasan sumber daya manusia. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan dalam pelayanan publik pada perusahaan umum daerah pengelola air limbah Perumda PAL JAYA Jakarta Selatan juga termasuk peningkatan sosialisasi kepada masyarakat, peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan pengaduan, serta peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusia yang mendukung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terkait pengelolaan pengaduan dalam pelayanan publik pada perusahaan umum daerah pengelola air limbah Perumda PAL JAYA Jakarta Selatan sudah terlaksana cukup baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penyempurnaan kebijakan dan praktik pengelolaan pengaduan dalam pelayanan publik di Perumda PAL JAYA maupun entitas serupa lainnya. Kata Kunci : Pengelolaan Pengaduan, Pelayanan Publik, Perumda PAL JAYA, Air Limbah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 14 Mar 2024 08:05
Last Modified: 14 Mar 2024 08:05
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item