KUALITAS INFORMASI PENGGUNAAN WEBSITE DPR RI PADA LAMAN PERSIDANGAN PARIPURNA SEKRETARIAT JENDERAL DPR RI

Salsabila, Salsabila (2024) KUALITAS INFORMASI PENGGUNAAN WEBSITE DPR RI PADA LAMAN PERSIDANGAN PARIPURNA SEKRETARIAT JENDERAL DPR RI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan website DPR RI melalui dpr.go.id pada laman Persidangan Paripurna Setjen DPR RI merupakan hal yang krusial dalam upaya peningkatan pelayanan publik, dimana pada laman persidangan paripurna website DPR RI tersebut menyediakan beberapa layanan mulai dari dokumen-dokumen penting seperti RUU, risalah sidang paripurna, dan keputusan resmi secara online yang tentu dibutuhkan oleh Anggota DPR selaku publik dalam lingkup Setjen DPR RI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan seperti masih terdapat informasi yang belum tertangani secara sempurna dan adanya keterbatasan SDM yang mengelola informasi di laman persidangan paripurna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas informasi penggunaan website DPR RI pada laman persidangan paripurna Setjen DPR RI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi dilihat dari 6 indikator, yaitu kelengkapan, relevansi, akurasi, keandalan, kekinian (timeliness), dan bentuk keluaran. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer (diperoleh secara langsung melalui wawancara dan observasi) dan sumber data sekunder (bersumber dari data yang didapat dari bagian persidangan paripurna serta dokumen-dokumen yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang diteliti). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan wesbsite DPR RI khususnya pada laman persidangan paripurna telah terlaksana secara maksimal sebab kualitas informasi yang disajikan sudah akurat, hanya saja dalam pengelolaannya diperlukan koordinasi serta evaluasi yang lebih efektif serta penyajian informasi atau dokumen pendukung yang lebih lengkap. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Penggunaan Website, Laman Persidangan Paripurna, Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:01
Last Modified: 14 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item