PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETINGSPOTIFY x NEWJEANS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPOTIFY PREMIUM PADA FOLLOWERS @SEPUTAR.NEWJEANS

Difa, La Luna Putri (2024) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETINGSPOTIFY x NEWJEANS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPOTIFY PREMIUM PADA FOLLOWERS @SEPUTAR.NEWJEANS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Experiential Marketing menjadi salah satu strategi pemasaran kreatif yang dapat membujuk konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Spotify berkolaborasi dengan NewJeans untuk melakukan pemasaran bagi kedua belah pihak. Experiential Marketing Spotify x NewJeans terdapat berbagai aktivitas dan merchandise secara gratis dan khusus pengguna Spotify Premium mendapatkan hadiah ekslusif. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Experiential Marketing Spotify x NewJeans terhadap Keputusan Pembelian Spotify Premium pada Followers @seputar.newjeans. Penelitian ini menguji Teori Pertukaran Sosial yang menekankan hubungan interaksi dan komunikasi antara kedua belah pihak untuk saling menguntungkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan Teknik Non-Probability dengan Purposive Sampling. Hasil dari temuan pengujian statistik, 5 indikator Variabel X yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate memiliki hubungan yang berkorelasi signifikan dan positif terhadap variabel Y, tetapi hubungan korelasi antara kedua variabel memiliki korelasi yang lemah. Koefisien Regresi atau arah antar variabel X dan Y dinyatakan arah yang positif, dan hipotesis yang didapatkan pada penelitian ini yaitu adanya pengaruh dari Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian, tetapi terdapat koefisien determinasi sebesar 14,9%, Experiential Marketing hanya mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 14,9%, sedangkan 85,1% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa Experiential Marketing Spotify x NewJeans pada Followers Instagram @seputar.newjeans memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Spotify Premium dan terbukti terdapat tindakan pertukaran sosial yaitu hubungan timbal balik antara Spotify, NewJeans dan pengunjungnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:28
Last Modified: 14 Mar 2024 02:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item