KUALITAS PELAYANAN PADA LAYANAN AKTIVASI APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KOTA DEPOK

Fadhilah, Muhammad Farhan (2024) KUALITAS PELAYANAN PADA LAYANAN AKTIVASI APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KOTA DEPOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah melalui Ditjen Dukcapil Kemendagri menghadirkan suatu inovasi terkini pada pelayanan penduduk yaitu Identitas Kependudukan Digital (IKD). Aplikasi Identitas Kependudukan Digital merupakan hasil dari penyesuaian kebutuhan masyarakat yang tertuang dalam bentuk inovasi guna mengatasi permasalahan pada kepemilikan KTP-el. Sebagai suatu kebijakan baru, pemerintah memiliki target sebesar 25% untuk jumlah capaian aktivasi IKD di setiap daerah. Namun, dalam hal ini Kota Depok dalam penyelenggaraan layanan aktivasinya baru mencapai kurang dari 2,5% dari target serta menjadi salah satu kota terendah dalam capaian aktivasi IKD, jika dibandingkan kota-kota seperti Jabotabek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada layanan aktivasi aplikasi identitas kependudukan digital yang terselenggara di Kota Depok guna untuk dapat memenuhi capaian target penerima layanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan dilihat dari 5 (lima) indikator, yaitu tangible, reliability, responsiviness, assurance, empathy. Sumber data yang digunakan bersumber dari data primer yang diperoleh secara langsung melalui informan dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data yang ada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil serta dokumen – dokumen yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada layanan aktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Kota Depok telah diselenggarakan secara berkualitas untuk masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat yang harus ditingkatkan yang dalam hal ini terkait sosialisasi program kebijakan Identitas Kependudukan Digital kepada masyarakat Kota Depok. Sehingga, dapat disimpulkan kembali bahwa pelayanan aktivasi IKD di Kota Depok telah terselenggara namun perlu adanya peningkatan dalam meningkatkan minat masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:29
Last Modified: 14 Mar 2024 02:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item