Analisis Asuhan Keperawatan melalui Intervensi Biblioterapi pada Anak Usia Prasekolah dengan Diagnosa Medis Dengue Hemorrhagic Fever Dirumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita

Shela Setiani -  Universitas Nasional, Indonesia
Susanti Widiastusi* -  Universitas Nasional, Indonesia

ABSTRAK

 

Anak-anak merupakan suatu kelompok yang sangat mudah sekali terserang suatu penyakit karena mereka memiliki daya tahan tubuh (imunitas) yang rendah, sehingga mengalami sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit atau hospitalisasi. Hospitalisasi merupakan suatu proses yang mengharuskan anak tinggal di Rumah Sakit menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangan kembali ke Rumah. Pada saat anak menjalani hospitalisasi di fasilitas kesehatan maka akan menimbulkan kecemasan dan pengalaman traumatic, kecemasan akibat hospitalisasi merupakan ketakutan yang ditimbulkan dari pengalaman yang mengancam karena stressor yang dihadapi sehingga dapat menimbulkan perasaan tidak aman bagi anak itu sendiri. Untuk menganalisis asuhan keperawatan melalui intervensi biblioterapi pada anak usia prasekolah dengan diagnosa medis dengue hemorrhagic fever dirumah sakit anak dan bunda harapan kita. Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif, sampel yang diambil sebanyak 2 orang, dengan pemberian tindakan asuhan keperawatan melalui intervensi biblioterapi dengan cara membacakan buku cerita bergambar yang dilakukan 1 kali sehari selama 3 hari, dalam waktu 15-20 menit. Hasil evaluasi keperawatan pada kedua klien dengan masalah keperawatan utama ansietas sesuai dengan catatan perkembangan menampilkan bahwa, setelah dilakukan biblioteraphy dengan membacakan buku cerita bergambar selama 3 hari pertemuan pada kedua klien tersebut yaitu mengalami penurunan tingkat kecemasan. Pemberian intervensi biblioteraphy terbukti dapat menurunkan masalah keperawatan ansietas pada anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi. Diharapkan tenaga medis dan keluarga dapat mengaplikasikan biblioterapy dengan cara membacakan buku cerita bergambar pada anggota keluarga yang mengalami masalah keperawatan dengan ansietas pada saat menjalani hospitalisasi.

 

Kata Kunci: Dengue Hemorrhagic Fever, Ansietas, Biblioterapi

 

 

ABSTRACT

 

Children are a group that is very easy to catch a disease because they have low immunity, so they get sick and undergo treatment in a hospital or hospitalization. Hospitalization is a process that requires the child to stay in the hospital undergoing therapy and care until returning home. When a child is hospitalized in a health facility, it will cause anxiety and traumatic experiences. Anxiety due to hospitalization is a fear that arises from a threatening experience due to the stressor being faced so that it can cause feelings of insecurity for the child himself. For To analyze nursing care through bibliotherapy intervention in preschool-age children with a medical diagnosis of dengue hemorrhagic fever at the Children's Hospital and Bunda Harapan Kita. This case study uses a descriptive method, a sample of 2 people is taken, by providing nursing care through bibliotherapy interventions by reading a picture story book which is done once a day for 3 days, within 15-20 minutes. The results of the nursing evaluation of the two clients with the main nursing problem of anxiety in accordance with the progress notes showed that, after carrying out bibliotherapy by reading picture story books for 3 days of meetings, the two clients experienced a decrease in anxiety levels. Providing bibliotherapy interventions is proven to reduce anxiety nursing problems in preschool-aged children undergoing hospitalization. It is hoped that medical staff and families can apply bibliotherapy by reading picture story books to family members who experience nursing problems with anxiety while undergoing hospitalization.

 

Keywords: Dengue Hemorrhagic Fever, Anxiety, Bibliotherapy

Kata Kunci : Dengue Hemorrhagic Fever, Ansietas, Biblioterapi

  1. Ginanjar, M. R., Iswari, M. F., & Noftalina. (2020). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jurnal Masker Medika, 8(1), 2654–8658.
  2. Kadek, N., Trismayanti, N., Ayu, I. G., Aryasih, M., & Hadi, M. C. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kelurahan Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Tahun 2022. 12(2), 99–113.
  3. Kemenkes, R. (2022). Data Kasus Terbaru Dbd Di Indonesia. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/Baca/Umum/20201203/2335899/ Data-Kasus-Terbaru-Dbd-Indonesia/
  4. Kemenppa Ri. (2018). Profil Kesehatan Anak Indonesia Tahun 2018. Ilmu Pendidikan, 5(1), 12–21.
  5. Khairani, A. I., & Olivia, N. (2018). Pengaruh Hospitalisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Preschool Di Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Kesdam. 3(2), 82–87.
  6. Kusuma, A. N., & Nurhidayati, T. (2021). Penurunan Tingkat Kecemasan Dengan Biblioterapi Pada Anak Saat Pemasangan Infus.
  7. Lestiawati, E., Natalia, L., & Dewi, I. A. (2019). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rsud Panembahan Senopati Bantul The Influence Of Biblioyherapy On Hospitalization Stress In School-Aged Children At ‘Panembahan Senopati’ General Hospital, Bantul. Seminar Nasional Unriyo, 1–8.
  8. Purwaningsih, N. K. (2021). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Penurunan Kecemasan Anak Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rs Bhayangkara Denpasar. 2(2), 59–64.
  9. Sarah, M., & Manik, R. C. D. (2019). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rs Islam Malahayati Kota Medan Tahun 2019. Sintaks (Seminar Nasional Teknologi …, 841–849.
  10. Simanjuntak, G. E. M. (2019). Analisis Intervensi Pengaruh Biblioterapi Dalam Upaya Menurunkan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Cempaka Anak Rumah Sakit Pelni Jakarta. Akademi Keperawatan Pelni Jakarta, 8(5), 55.
  11. Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Egc.
  12. Tansil, M. G., Rampengan, N. H., & Wilar, R. (2021). Faktor Risiko Terjadinya Kejadian Demam Berdarah Dengue Pada Anak. Jurnal Biomedik:Jbm, 13(1), 90. Https://Doi.Org/10.35790/Jbm.13.1.2021.31760
  13. Tim Pokja Sdki Dpp Ppni. (2017). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Dpp Ppni.
  14. Tim Pokja Siki Dpp Ppni. (2017). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Dpp Ppni.
  15. Tim Pokja Slki Dpp Ppni. (2017). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. In Dpp Ppni.
  16. Tini, & Permana, D. B. (2021). Hubungan Peran Serta Orang Tua Dan Dampak Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Relationships The Role Of Parents And The Impact Of Hospitalization On Preschool Age Children Pendahuluan Anak Dalam Proses Tumbuh Kembangnya Mempunyai Kebutuhan Fisik , Psikolog. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 4(2). Https://Doi.Org/10.32524/Jksp.V4i2.282
  17. Tri Santosoa, E. S. (2019). Penerapan Biblioterapi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi Di Rsud Dr. Adhiyatma, Mph Semarang. 4(2).
  18. Wijayanti, K. S. (2013). Asuhan Keperawatan Anak. Penerbit Tim.
  19. Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Sunarno. Agus Dkk. (Ed.); 6th Ed.). Egc.
  20. Wowor, M. S., Katuuk, M. E., & Kallo, V. D. (2017). Efektivitas Kompres Air Suhu Hangat Dengan Kompres Plester Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia Pra-Sekolah Di Ruang Anak Rs Bethesda Gmim Tomohon. Jurnal Keperawatan, 5(2), 1–8. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/Viewfile/17872/17393