Zulkarnain, Libna (2023) KLASIFIKASI CYBERBULLYING MENGGUNAKAN METODE K- NEAREST NEIGHBOR DAN NAÏVE BAYES PADA APLIKASI INSTAGRAM. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (947kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (632kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (762kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (967kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (655kB) |
Abstract
Cyberbullying adalah perilaku agresif yang mengacu pada intimidasi seseorang melalui media sosial seperti internet, pesan teks, jejaring sosial, ruang obrolan, dan lainnya. Sosial media tidak memiliki sisi positif seluruhnya, karna sosial media juga ada sisi negatifnya. Salah satu sisi negatifnya adalah banyaknya cyberbullying yang terjadi pada aplikasi instagram. Cyberbullying dapat mengakibatkan korban menjadi trauma, takut, bahkan depresi. Salah satu contoh cyberbullying yang paling banyak terjadi adalah menuliskan kata-kata jahat yang merendahkan, menyakitkan, dan mengolok-olok di kolom komentar pada sebuah postingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan komentar pada postingan di instagram yang dibedakan menjadi dua kategori, yaitu kata yang mengandung bully dan tidak bully. Metode K-NN (K-Nearest Neighbor) dan Naïve Bayes merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil klasifikasi menunjukan bahwa metode K-NN memiliki akurasi dengan nilai 73 % dan 82% hasil dari metode Naïve Bayes. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik dalam mengklasifikasikan cyberbullying komentar di instagram adalah dengan metode Naïve Bayes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying, Instagram, K-Nearest Neighbor, Naïve Bayes |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:28 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9170 |
Actions (login required)
View Item |