ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTUR MASYARAKAT JAKARTA SEHARI-HARI DI KELURAHAN JATI PADANG

Authors

  • Tessa Amallia Universitas Nasional
  • Arju Susanto Universitas Nasional
  • Tadjuddin Nur Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.245

Keywords:

alih kode, campur kode, sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini membahas persoalan alih kode dan campur kode dalam tutur masyarakat Jakarta sehar-hari di Keluruahan Jati Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode yang terjadi di Kelurahan Jati Padang, Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode serta mendeskrisikan fungsi dari alih kode dan campur kode yang terjadi dalam tutur masyarakat Jakarta sehari-hari di Kelurahan Jati Padang. Subjek penelitian ini merupakan masyarakat RT 014 RW 006 di Kelurahan Jati Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik hasil dari observasi dan wawancara dengan mengamati penutur berbicara dengan lingkungannya. Hasil dari penelitian yang didapat melalui pemaparan sesuai dengan data di lapangan. Hasil pemerolahan yang didapat berupa 2 alih kode, yaitu alih kode ke luar dan alih kode dalam, yang mana terdiri dari 8 alih kode, yaitu 2 data alih kode ke luar dan 6 data alih kode dalam. Kemudian didapat juga 15 campur kode, yaitu campur kode ke dalam berjumlah 7 dan campur kode ke luar berjumlah 8. Selain itu, didapat pula faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode serta fungsi dari alih kode dan campur kode.

References

Aryani, N. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Guru-Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(1). https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4474

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Pengantar Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, H., Sumarwati, S., & Hastuti, S. (2013). Bentuk Dan Fungsi Campur Kode Dan Alih Kode Pada Rubrik Âah...Tenaneâ Dalam Harian Solopos. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2).

Lapasau Merry, & Zaenal Arifin. (2016). Sosiolinguistik (Lapasau Merry dan Zaenal Arifin, Ed.). PT Pustaka Mandiri.

Lestari, P., & Rosalina, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4703

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susmita, N. (2015). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Smp Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Jambi Seri Humaniora, 17(2).

Tololiju, A. J. (2018). Campur Kode pada Media Sosial “Facebook.” Universitas SAM Ratulangi Manado.

Ulfiyani, S. (2014). Alihkode dan Campur Kode dalam Tuturan Masyarakat Bumiayu. Culture, 1(1).

Kusuma, Army Mulya., dkk. (2021). Alih Kode dan campur Kode Antar Tokoh Film Animasinopal. Jurnal Silistik, 1(2)

Yulianti, Rizky Wahyu., dkk. (2022). Penggunaan Campur Kode pada Kolom Komentar Produk Iklan Shopee. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(3)

Maszein, Hana., dkk. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Basastra, 7(2)

Downloads

Published

2023-09-30