PELAKSANAAN PROGRAM JEMPUT BOLA DALAM PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK 2023

Legita, Ajeng Kurnia (2023) PELAKSANAAN PROGRAM JEMPUT BOLA DALAM PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK 2023. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program jemput bola merupakan salah satu pelaksanaan administrasi kependudukan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mempercepat pelayanan dan juga mengatasi sejumlah masalah kependudukan seperti pelayanan yang lambat, berbelit-belit, perspektif masyarakat mengenai kesulitan dalam pengurusan dokumen kependudukan, serta belum optimalnya kesadaran dari masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut, sehingga berdampak pada tidak maksimalnya masyarakat yang sudah memiliki dokumen kependudukan di Kota Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program jemput bola dalam pelayanan Identitas kependudukan digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok, dimana pelayanan IKD tersebut salah satu program pemerintah berupa Kartu Tanda Penduduk Digital (KTP Digital) berupa Id care atau QR Code yang tersimpan di dalam aplikasi yang di buat oleh Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini Menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitiannya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan program jemput bola dalam pelayanan Identitas Kependudukan Digital tersebut maka peneliti menggunakan indikator George C Edwards III dalam (Deddy Mulyadi, 2018) yang memilki 4 (empat) indikator Komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.Hasil dari penelitian ini pelaksanaan program jemput bola dalam pelayanan IKD tersebut sudah dilaksanakan berdasarkan arahan dari Peraturan Pemerintan Walikota Depok yang dilandasi dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI tersebut, sudah mecapai pelaksanaan program yang terlaksanadalam pelayanan publik namun dikarenakan pelayanan baru maka masih belum optimal dan di ketahui oleh masyarakat juga dilihat dari Sumber daya yang pelaksanaannya masih tercapai. Dari hasil Penelitian itu makadapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program jemput bola sudah berjalan untuk membantu menjalankan pelayanan Identitas Kependudukan Digital tersebut agar dapat mencapai target pencapaian pengaktifan KTP Digital dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat melakuka aktivasi KTP Digital tersebut di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok namun pelaksanaannya belum masih ada dua indikator yang mencapai keoptimalan pelayanan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:31
Last Modified: 13 Nov 2023 02:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8892

Actions (login required)

View Item View Item