ImplementasiSistem Aplikasi Pemesanan Aksesori Baliem Menggunakan Algoritma Collaborative Filtering

Logo, Kabeleke Melanesia (2023) ImplementasiSistem Aplikasi Pemesanan Aksesori Baliem Menggunakan Algoritma Collaborative Filtering. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3 (6). pp. 1254-1262. ISSN 2723-3898

[img] Text
965 - Published Version

Download (41kB)
Official URL: https://djournals.com/klik/article/view/965

Abstract

Aplikasi warpitong merupakan suatu aplikasi penjualan online yang berisiskan informasi mengenai produk-produk aksesoris budaya baliem. Dalam aplikasi pengguna dapat melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya. Kekuatan bisnis online terletak padasugestinya yang tidak terbatas. Tidak terbatas berarti tidak hanya mencakup satu wilayah atau kelompok demografis, tetapi juga semua kelompok dalam masyarakat secara luas. Siapa pun yang terhubung ke Internet adalah pasar potensial. Hal initerlihat dari jumlah toko online yang terus bermunculan dan bertambah banyak setiap tahunnya, baik dalam skala kecil maupun nasional, bahkan toko online berstandar internasional. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu sistem untuk sistem pembelian, yang tujuannya agarsistem baru yang dikembangkan dapat memecahkan masalah dan membantu pengelolaan informasi, sehingga informasi yang dihasilkan lebih akuntabel dan bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan metode yang tepat seperti menggunakan Model view presenter(MVP) dan algoritma Collaborative filtering. Model view presenter (MVP) merupakan turunan dari pola arsitektur model view controller(MVC), dan sebagian besar digunakan untuk membangun antarmuka pengguna, sedangkan algoritma collaborative filtering bertujuan untuk memprioritaskan pelanggan yang berbeda dan review pelanggan dengan testimonial.Berdasarkan hasilpengujian whitebox, yang dilakukan penguji dapat melaukan testing program kepada program remommed item sebanyak satu kali. Tujuan dari algoritma Collaborative Filteringpada penelitian ini adalah memberi rekomendasi produk kepada user pembeli yang belum meihat produk, harga dan kategori yang serupa namun belum ada pihan yang ditentukan userpembeli. Berdasarkan pada ketertarikan sebelumnya dari pengguna yang mempunyai ketertarikan yang mirip. Dari hasil penggunaan teknik ini untuk menentukan rekomendasi, produk, harga dan kategori pada aplikasi warpitong, berdasarkan algoritma Collaborative Filtering dengan mengunakan system item-based.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:11
Last Modified: 03 Nov 2023 04:11
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item