GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA DENGAN MODEL ADDIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

AHMAD, FEBRY (2023) GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA DENGAN MODEL ADDIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Turnitin).pdf

Download (752kB)

Abstract

Perubahan dan perkembangan yang terjadi di Indonesia pada saat ini tidak terlepas dari sejarah yang ada pada masa lalu. Pendidikan merupakan salah satu contoh pengaruh akan sejarah bangsa ini. Pendidikan sejarah menjadi salah satu cara untuk membentuk nilai-nilai gambaran kehidupan akan pengetahuan. Sejarah dan pendidikan saling berkaitan dan diniai sangat penting untuk membentuk karakteristik suatu bangsa. Namun dalam penyampaian pembelajaran yang ada masih dinilai kurang efektif dan terlihat kaku. Berdasarkan hasil penelitian dilingkungan perumahan Bukit Cikasungka ini, anak-anak lebih banyak mengetahui game online dan fenomena yang sedang terjadi pada saat ini. Berdasarkan hasil wawancara anak-anak di perumahan Bukit Cikasungka bahwa anak kurang pengetahuan akan sejarah Indonesia, dikarenakan anak-anak lebih senang bermain game online, melihat video tiktok, dan menonton film pada aplikasi youtube. Anak-anak lebih senang melakukannya dibandingkan mereka harus belajar dan membaca dirumah. Menurut wawancara salah satu anak selama belajar di sekolah, anak merasa bosan ketika harus belajar secara daring. Mengambil dari masalah yang ada, penelitian ini merancang dan menggunakan sebuah game yang berisikan pengetahuan akan sejarah yang terjadi di Indonesia sebagai media atau alat bantu pembelajaran yang dapat digunakan untuk menarik minat belajar anak. Game edukasi dirancang untuk memberikan kemudahan serta minat belajar anak akan pengetahuan sejarah dengan cara yang menyenangkan. Penelitian dan pengembangan game edukasi ini menggunakan metode pengembangan dan penelitian yakni R&D (Research and Development) dengan berfokus pada model penelitian ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), dan implementaasin pada algoritma Fisher Yates Shuffle sebagai pengacakan pertanyaan soal pembelajaran. Hasil penelitian merupakan media pembelajaran sejarah yang dapat menumbuhkan minat belajar anak-anak akan sejarah dalam bentuk game berbasis android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:00
Last Modified: 03 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item