Indrayoga, Yudhistira Pandhu (2023) RASIONALITAS MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI (Studi Mahasiswa Sosiologi Universitas Nasional). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (828kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Rasionalitas Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Di Perguruan Tinggi (Studi Mahasiswa Sosiologi Universitas Nasional)”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa rasionalitas mahasiswa memilih program studi sosiologi di Universitas Nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method dan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposif. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional yang dikemukakan oleh James Coleman. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain : (1) Rasionalitas mahasiswa dalam memilih sosiologi dipengaruhi oleh latar belakang SMA yang relevan (34%), rasa ketertarikan/ suka terjun ke dunia sosial;sesuai passion (4%), faktor akreditasi (9%), finansial yang terjangkau;bisa diangsur (48%), serta lebih suka mengingat daripada menghitung/lebih memilih program studi yang materi hitungannya sedikit (5%) (2) Sumber daya yang dimiliki mahasiswa dalam memilih program studi sosiologi Universitas Nasional yaitu adanya basic/penguasaan ilmu sejak SMA (29%), finansial (71%), alat yang digunakan, serta pasion yang ada dalam dirinya yang menyukai terjun ke dunia sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 07:06 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8783 |
Actions (login required)
View Item |