Pendekatan Knowledge Management System Berbasis Framework Laravel dan Container untuk Kinerja Helpdesk pada BMKG Pusat Meteorologi Penerbangan

Susilo, Mohammad (2023) Pendekatan Knowledge Management System Berbasis Framework Laravel dan Container untuk Kinerja Helpdesk pada BMKG Pusat Meteorologi Penerbangan. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 9 (2). pp. 630-644. ISSN 2656-9957

[img] Text
pdf - Published Version

Download (26kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh pada semua manusia. Manusia dituntut untuk dapat cerdas mengikuti perkembangan jaman. Perkembangan tersebut selalu berhubungan dengan teknologi informasi yang semakin canggih, baik dari segi perangkat yang digunakan maupun sistem informasinya. Internet dapat menjadi jembatan untuk dapat berkembang. Dalam pelayanan menangani keluhan dari UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan kepada bagian terkait yang berada di kantor pusat masih menggunakan whatsapp dan telegram sebagai sarana komunikasi dan pelaporan kendala oleh bagian terkait. Permasalahan yang terjadi oleh sistem tiketing saat ini adalah semakin banyaknya pelaporan oleh UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan menggunakan whatsapp dan telegram dinilai kurang maksimal karena sulit melakukan kontrol tiket sehingga dirasa kurang efektif dan efisien. Selain itu dikarenakan banyak tiket yang menumpuk menjadi penyebab terlambatnya penanganan masalah yang melebihi dari waktu estimasi. Berdasarkan latar belakang diatas perlu dilakukan penelitian untuk Meningkatkan Kinerja Helpdesk pada BMKG Pusat Meteorologi Penerbangan. Penelitian menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Berbasis Framework Laravel dan Container. Penelitian menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt. Fitur yang digunakan adalah pembuatan tiket pelaporan permasalahan di UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan. Data yang akan digunakan adalah data cuaca, gempa bumi, iklim dan permasalahan di UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan. Sistem telah mampu mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada pada BMKG Penerbangan terkait proses pelaporan permasalahan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Artikel > Informatika dan Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:47
Last Modified: 31 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item