Kawasan Pecinan Glodok sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner

Authors

  • Davi Ayu Andini Universitas Nasional
  • Rizki Nurul Nugraha Universitas Nasional Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61464

Keywords:

Daya Tarik Wisata, Wisata Kuliner, Pecinaan Glodok, Metode SWOC, Bauran Promosi

Abstract

Kuliner saat ini menjadi daya tarik sendiri yang memikat hati wisatawan, penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dan Metode SWOC, Oleh sebab itu adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Keragaman kuliner yang berada di wilayah pecinaan glodok, 2) Strategi promosi daya tarik wisata kuliner di wilayah pecinaan glodok, 3) Implementasi strategi promosi di wilayah Pecinaan Glodok. melalui wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan rumusan masalah, keanekaragaman, faktor, dan bagaimana strategi promosi yang cocok melalui pendekatan wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan tujuan penelitian mengetahui sejauh peningkatan strategi destinasi dengan wisata kuliner dan untuk mengetahui bagaimana Pecinaan Glodok menjadi destinasi wisata kuliner yang bisa membuat wisatawan menarik untuk berkunjung. Adapun hasil yang didapatkan adalah implementasi strategi yang cocok digunakan Pecinaan Glodok melalui wisata Kuliner adalah strategi yang agresif atau promosi dengan gencar. Promosi yang terus menerus juga dapat dilakukan dengan metode mulut ke mulut, promosi adapun dengan media sosial atau menjadikan Pecinaan Glodok sebagai bahan pembicaraan sehingga menarik  wisatawan lain untuk berkunjung ke Pecinaan Glodok.

Author Biographies

Davi Ayu Andini, Universitas Nasional

 

 

Rizki Nurul Nugraha, Universitas Nasional Jakarta

 

 

 

References

Andini, D. A., & Dewi, L. (2022). Development of cultural tourism in Glodok China Region. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 2(3), 427–440. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i3.80

Baltescu, C. A. (2016). Culinary experiences as a key tourism attraction. Case Study: Brasov County. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, 9(2), 107–112.

Bhudiharty, S. (2019). Analisis potensi daya tarik wisata gastronomi di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.20

Ciptari, P. D. K., Wibawa, I. G. J. S., & Suardana, I. K. P. (2022). Pengelolaan destinasi wisata kuliner dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Desa Suranadi. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 203–218. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1335

Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2021). Analysis of twitter social media framing in the new normal era (Case study of Malang city tourism promotion). BIRCI Journal, 5(2), 11784–11798. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5010

Djakasaputra, A., Refaldy, A., & Chandra, J. (2023). Pemasaran melalui media sosial pada bisnis kuliner. Prima: Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 131–138. https://doi.org/10.55047/prima.v2i1.513

Dsouza, P. & Parappagoudar, S. K. (2021). SWOC analysis of Zomato – A case of online food delivery services. Electronic Journal, 3, 537-544. doi: 10.5281/zenodo.4730301.

Gustian, G. A., Maranisya, U., & Nugraha, R. N. (2023). Jakarta international stadium: New destination for Jakarta tourism. Journal of Tourism Destination and Attraction, 11(1), 13-20. https://doi.org/10.35814/tourism.v11i1.4221

Ihsannudin, S., Nugraha, R. N., & Chotimah, T. H. (2022). Penerapan Bauran Pemasaran Pada Teraskita Hotel Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 314-322. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.497

Kurnia, Y. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Utama Palembang. [Skripsi, Uin Raden Fatah Palembang]

Liliana Dewi, & Shafamila Handininta Putri. (2022). Service quality, customer value, and price to consumer satisfaction at Kopi Kenangan Coffee Shop. International Journal of Social Science, 1(6), 987–992. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i6.1918

Nugraha, R. N., & Nahlony, A. Y. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Penanganan Pandemi Covid-19 Di Provinsi Bali. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 01–07. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.406

Nugraha, R. N., V, A. Y. S., & Raditia, W. (2023). Pemanfaatan instagram sebagai media promosi Hotel Teraskita Jakarta. Daya Saing, 9(1). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i1.1071

Nugraha, R. N., Yudian, R. A., & Fadillah, A. (2023). Strategi bauran promosi untuk meningkatkan hunian kamar di Hotel Reddoorz dekat Botani Square Mall. Daya Saing, 9(1). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i1.1078

Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317–328. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.267.

Nugraha, R. N. & Indriani, P. (2022). Peningkatan kualitas pelayanan UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (23), 51-57. https://doi.org/10.5281/zenodo.7384948

Pradini, G., & Alya, D. (2022). Analisis Harga, Promosi, Produk Pariwisata Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pulau Tidung, Kepulauan seribu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2732–2744. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6560

Pradini, G., Latif, B. S., Digdowiseiso, K., & Miranti, M. O. (2022). The influence of products and promotional mix on tourists’ decision: Case study of Pramuka Bee Park, Cibubur, East Jakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 1756-1764. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3778

Priherdityo, E. (2017). Blusukan kuliner di antara gang Glodok. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170128012450-262-189632/blusukankuliner-di-antara-gang-glodok. Diakses 27 April 2023.

Prasetyo, T. (2020). Gastronomi kuliner peranakan non-halal di Glodok, Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.43

Pujilestari, S. (2019). Potensi wisata gastronomi halal di wilayah Pecinan, Petak 9, Glodok Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 114–124. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.21

Rianto. (2021). Potensi pengembangan kawasan Pecinan Glodok Petak Sembilan sebagai pariwisata budaya Tionghoa di Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 7(5). http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.2633

Sulistyo, A. (2019). Wisata kawasan Pecinan Kotatua Jakarta: Suatu tinjauan potensi pengembangan pariwisata perkotaan di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(7), 73–90. https://doi.org/10.47313/ppl.v4i7.591

Tarigan, O. E., & Dewi, L. (2022). Marketing and promotion strategies in visiting interest back to Jungeland Adventure Theme Park Sentul. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6605–6610. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2119

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles