Kawasan Pecinan Glodok sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61464Keywords:
Daya Tarik Wisata, Wisata Kuliner, Pecinaan Glodok, Metode SWOC, Bauran PromosiAbstract
Kuliner saat ini menjadi daya tarik sendiri yang memikat hati wisatawan, penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dan Metode SWOC, Oleh sebab itu adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Keragaman kuliner yang berada di wilayah pecinaan glodok, 2) Strategi promosi daya tarik wisata kuliner di wilayah pecinaan glodok, 3) Implementasi strategi promosi di wilayah Pecinaan Glodok. melalui wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan rumusan masalah, keanekaragaman, faktor, dan bagaimana strategi promosi yang cocok melalui pendekatan wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan tujuan penelitian mengetahui sejauh peningkatan strategi destinasi dengan wisata kuliner dan untuk mengetahui bagaimana Pecinaan Glodok menjadi destinasi wisata kuliner yang bisa membuat wisatawan menarik untuk berkunjung. Adapun hasil yang didapatkan adalah implementasi strategi yang cocok digunakan Pecinaan Glodok melalui wisata Kuliner adalah strategi yang agresif atau promosi dengan gencar. Promosi yang terus menerus juga dapat dilakukan dengan metode mulut ke mulut, promosi adapun dengan media sosial atau menjadikan Pecinaan Glodok sebagai bahan pembicaraan sehingga menarik wisatawan lain untuk berkunjung ke Pecinaan Glodok.
References
Andini, D. A., & Dewi, L. (2022). Development of cultural tourism in Glodok China Region. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 2(3), 427–440. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i3.80
Baltescu, C. A. (2016). Culinary experiences as a key tourism attraction. Case Study: Brasov County. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, 9(2), 107–112.
Bhudiharty, S. (2019). Analisis potensi daya tarik wisata gastronomi di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.20
Ciptari, P. D. K., Wibawa, I. G. J. S., & Suardana, I. K. P. (2022). Pengelolaan destinasi wisata kuliner dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Desa Suranadi. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 203–218. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1335
Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2021). Analysis of twitter social media framing in the new normal era (Case study of Malang city tourism promotion). BIRCI Journal, 5(2), 11784–11798. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5010
Djakasaputra, A., Refaldy, A., & Chandra, J. (2023). Pemasaran melalui media sosial pada bisnis kuliner. Prima: Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 131–138. https://doi.org/10.55047/prima.v2i1.513
Dsouza, P. & Parappagoudar, S. K. (2021). SWOC analysis of Zomato – A case of online food delivery services. Electronic Journal, 3, 537-544. doi: 10.5281/zenodo.4730301.
Gustian, G. A., Maranisya, U., & Nugraha, R. N. (2023). Jakarta international stadium: New destination for Jakarta tourism. Journal of Tourism Destination and Attraction, 11(1), 13-20. https://doi.org/10.35814/tourism.v11i1.4221
Ihsannudin, S., Nugraha, R. N., & Chotimah, T. H. (2022). Penerapan Bauran Pemasaran Pada Teraskita Hotel Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 314-322. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.497
Kurnia, Y. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Utama Palembang. [Skripsi, Uin Raden Fatah Palembang]
Liliana Dewi, & Shafamila Handininta Putri. (2022). Service quality, customer value, and price to consumer satisfaction at Kopi Kenangan Coffee Shop. International Journal of Social Science, 1(6), 987–992. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i6.1918
Nugraha, R. N., & Nahlony, A. Y. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Penanganan Pandemi Covid-19 Di Provinsi Bali. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 01–07. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.406
Nugraha, R. N., V, A. Y. S., & Raditia, W. (2023). Pemanfaatan instagram sebagai media promosi Hotel Teraskita Jakarta. Daya Saing, 9(1). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i1.1071
Nugraha, R. N., Yudian, R. A., & Fadillah, A. (2023). Strategi bauran promosi untuk meningkatkan hunian kamar di Hotel Reddoorz dekat Botani Square Mall. Daya Saing, 9(1). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i1.1078
Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317–328. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.267.
Nugraha, R. N. & Indriani, P. (2022). Peningkatan kualitas pelayanan UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (23), 51-57. https://doi.org/10.5281/zenodo.7384948
Pradini, G., & Alya, D. (2022). Analisis Harga, Promosi, Produk Pariwisata Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pulau Tidung, Kepulauan seribu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2732–2744. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6560
Pradini, G., Latif, B. S., Digdowiseiso, K., & Miranti, M. O. (2022). The influence of products and promotional mix on tourists’ decision: Case study of Pramuka Bee Park, Cibubur, East Jakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 1756-1764. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3778
Priherdityo, E. (2017). Blusukan kuliner di antara gang Glodok. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170128012450-262-189632/blusukankuliner-di-antara-gang-glodok. Diakses 27 April 2023.
Prasetyo, T. (2020). Gastronomi kuliner peranakan non-halal di Glodok, Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.43
Pujilestari, S. (2019). Potensi wisata gastronomi halal di wilayah Pecinan, Petak 9, Glodok Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 114–124. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.21
Rianto. (2021). Potensi pengembangan kawasan Pecinan Glodok Petak Sembilan sebagai pariwisata budaya Tionghoa di Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 7(5). http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.2633
Sulistyo, A. (2019). Wisata kawasan Pecinan Kotatua Jakarta: Suatu tinjauan potensi pengembangan pariwisata perkotaan di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(7), 73–90. https://doi.org/10.47313/ppl.v4i7.591
Tarigan, O. E., & Dewi, L. (2022). Marketing and promotion strategies in visiting interest back to Jungeland Adventure Theme Park Sentul. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6605–6610. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2119