Strategi Penerapan Metaverse Tourism pada Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61115Keywords:
Pariwisata , Strategi , Metaverse , Metaverse TourismAbstract
Konsep Metaverse Tourism dalam wisata dapat menciptakan pengalaman dunia nyata (fisik) di dalam ruang virtual dengan pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan teknologi Video mapping 3600 berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) pada Ruang ImersifA memungkinkan museum untuk memperluas jangkauan pengunjung, baik secara geografis maupun melalui aksesibilitas digital. Tujuan dari penelitian ini menciptakan pengalaman wisata dunia virtual yang interaktif melalui teknologi dengan konsep metaverse di Ruang ImersifA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder dengan alat bantu analisis SWOT, yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mengelompokkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan dalam analisis SWOT dengan matriks IFAS EFAS strategi yang diterapkan dalam Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional ditampilkan dalam strategi S-O yang dimana menampilkan konten berbeda dan perencanaan jangkauan luas dengan memanfaatkan teknologi dalam pengalaman imersif untuk menarik minat pengunjung. Kesimpulannya, dampak strategi yang diterapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan pengalaman yang imersif dan interaktif bagi pengunjung dan dapat menciptakan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam industri pariwisata.
References
Atania, C., Rahardjo, P., & Wipranata, B. I. (2020). Strategi pengelolaan dan promosi museum (Objek study: museum seni rupa dan keramik, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat). Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2507. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8872
Alvin, S. (2022). Pariwisata metaverse Indonesia dalam kacamata gen-Z. Ruang Pariwisata, 89-108.
Arifiani, L., & Furinto, A. (2022). Transformasi model bisnis konsep, strategi, dan antisipasi menyongsong era metaverse. Scopindo media pustaka.
Bramantyo, B. D., & Ismail, P. (2021). Digital tourism museum nasional indonesia melalui virtual tour di masa pandemi covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 184–196. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616
Demolingo, R. H. (2015). Strategi pengembangan destinasi wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(2). https://doi.org/10.24843/JUMPA.2015.v01.i02.p06
Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2022). Analysis of twitter social media framing in the new normal era: Case study of Malang city tourism promotion. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11784-11798. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5010
Demolingo, R. H., Lanya, I., Paturusi, S. A., Sunarta, I. N., & Wiweka, K. (2022). Strategy for ICM-based geotourism development: Case study of the Olele marine protected area, Indonesia. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(5). http://dx.doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.5.35
Dewi, L., & Istiqomah, A. N. (2022). Strategi promosi Museum Basoeki Abdullah di era new normal. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2785-2793. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6562
Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK, 4(1), 37-51.
Freddy Rangkuti, 2016. Teknik membedakan kasus bisnis analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia
Genia Krishbie, B. (2021). Tantangan museum seni di tengah pandemi Covid-19 Kajian: pameran imersif Affandi di GNI, 2020. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 9(2). https://doi.org/10.36806/jsrw.v9i2.119
Go, H., & Kang, M. (2022). Metaverse tourism for sustainable tourism development: Tourism agenda 2030. Tourism Review. https://doi.org/10.1108/TR-02-2022-0102
Hardianto, R. H., Wiza, F., & Ohara, R. (2022). PKM pengenalan metaverse kepada siswa SMK. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 45-50. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.48
Haryati, T., Hidayat, A. G., Taman, S., Bima, S., & Kunci, K. (2019). Konsep wisata dari perspektif ekonomi masyarakat. Jurnal Pendidikan IPS, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.170
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Lourdes Palagiang, C. (2021b). Augmented dan virtual reality sebagai media promosi interaktif museum perumusan naskah proklamasi. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3 (1). http://ojs.stiami.ac.id
Nugraha, R. N., Rosa, P. D., & Ivanka, M. (2023). Metaverse tourism sebagai strategi promosi wisata Museum Bank Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 731-744. https://doi.org/10.5281/zenodo.7901659
Nugraha, R. N., & Nurani, N. W. C. (2022). Implementation of the pentahelix model as a foundation for developing tourism potential in majalengka regency. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6179-6190. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2058
Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (n.d.). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (Studi kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2). http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175
Pradini, G., Kusumaningrum, A. P., Agustiani, F., & Dari, I. T. (2022). Business marketing strategies of tour and travel agency to survive in the covid-19 pandemic. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 2(2), 242-248. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i2.64
Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media pembelajaran di era society 5.0 untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 52–61. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17
Rizqi, Z. U., Purba, R. D. A., & Nugroho, R. R. (2019). Penentuan strategi pengembangan bisnis menggunakan Analisis Swot dan business model canvas. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019.
Sari, D. P. & Oktafianto, A.(2017). Penentuan strategi bisnis menggunakan analisis SWOT dan matriks IFAS – EFAS pada CV. Dinasty. Seminar Nasional IENACO-2017.
Skarbez, R. (2019). Immersive Analytics: Theory and Research Agenda. Frontiers in Robotics and AI, 6. https://doi.org/10.3389/frobt.2019.00082
Sutanto, S. (2022). Efektivitas metaverse tourism sebagai sarana promosi wisata alam hiu paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3