Strategi Penerapan Metaverse Tourism pada Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional Jakarta

Authors

  • Ramang H. Demolingo Universitas Nasional
  • Selvy Remilenita Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61115

Keywords:

Pariwisata , Strategi , Metaverse , Metaverse Tourism

Abstract

Konsep Metaverse Tourism dalam wisata dapat menciptakan pengalaman dunia nyata (fisik) di dalam ruang virtual dengan pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan teknologi Video mapping 3600 berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) pada Ruang ImersifA memungkinkan museum untuk memperluas jangkauan pengunjung, baik secara geografis maupun melalui aksesibilitas digital. Tujuan dari penelitian ini menciptakan pengalaman wisata dunia virtual yang interaktif melalui teknologi dengan konsep metaverse di Ruang ImersifA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder dengan alat bantu analisis SWOT, yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mengelompokkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan dalam analisis SWOT dengan matriks IFAS EFAS strategi yang diterapkan dalam Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional ditampilkan dalam strategi S-O yang dimana menampilkan konten berbeda dan perencanaan jangkauan luas dengan memanfaatkan teknologi dalam pengalaman imersif untuk menarik minat pengunjung. Kesimpulannya, dampak strategi yang diterapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan pengalaman yang imersif dan interaktif bagi pengunjung dan dapat menciptakan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam industri pariwisata.

Author Biographies

Ramang H. Demolingo, Universitas Nasional

 

 

 

Selvy Remilenita, Universitas Nasional

 

 

References

Atania, C., Rahardjo, P., & Wipranata, B. I. (2020). Strategi pengelolaan dan promosi museum (Objek study: museum seni rupa dan keramik, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat). Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2507. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8872

Alvin, S. (2022). Pariwisata metaverse Indonesia dalam kacamata gen-Z. Ruang Pariwisata, 89-108.

Arifiani, L., & Furinto, A. (2022). Transformasi model bisnis konsep, strategi, dan antisipasi menyongsong era metaverse. Scopindo media pustaka.

Bramantyo, B. D., & Ismail, P. (2021). Digital tourism museum nasional indonesia melalui virtual tour di masa pandemi covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 184–196. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616

Demolingo, R. H. (2015). Strategi pengembangan destinasi wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(2). https://doi.org/10.24843/JUMPA.2015.v01.i02.p06

Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2022). Analysis of twitter social media framing in the new normal era: Case study of Malang city tourism promotion. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11784-11798. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5010

Demolingo, R. H., Lanya, I., Paturusi, S. A., Sunarta, I. N., & Wiweka, K. (2022). Strategy for ICM-based geotourism development: Case study of the Olele marine protected area, Indonesia. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(5). http://dx.doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.5.35

Dewi, L., & Istiqomah, A. N. (2022). Strategi promosi Museum Basoeki Abdullah di era new normal. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2785-2793. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6562

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK, 4(1), 37-51.

Freddy Rangkuti, 2016. Teknik membedakan kasus bisnis analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia

Genia Krishbie, B. (2021). Tantangan museum seni di tengah pandemi Covid-19 Kajian: pameran imersif Affandi di GNI, 2020. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 9(2). https://doi.org/10.36806/jsrw.v9i2.119

Go, H., & Kang, M. (2022). Metaverse tourism for sustainable tourism development: Tourism agenda 2030. Tourism Review. https://doi.org/10.1108/TR-02-2022-0102

Hardianto, R. H., Wiza, F., & Ohara, R. (2022). PKM pengenalan metaverse kepada siswa SMK. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 45-50. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.48

Haryati, T., Hidayat, A. G., Taman, S., Bima, S., & Kunci, K. (2019). Konsep wisata dari perspektif ekonomi masyarakat. Jurnal Pendidikan IPS, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.170

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615

Lourdes Palagiang, C. (2021b). Augmented dan virtual reality sebagai media promosi interaktif museum perumusan naskah proklamasi. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3 (1). http://ojs.stiami.ac.id

Nugraha, R. N., Rosa, P. D., & Ivanka, M. (2023). Metaverse tourism sebagai strategi promosi wisata Museum Bank Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 731-744. https://doi.org/10.5281/zenodo.7901659

Nugraha, R. N., & Nurani, N. W. C. (2022). Implementation of the pentahelix model as a foundation for developing tourism potential in majalengka regency. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6179-6190. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2058

Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (n.d.). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (Studi kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2). http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175

Pradini, G., Kusumaningrum, A. P., Agustiani, F., & Dari, I. T. (2022). Business marketing strategies of tour and travel agency to survive in the covid-19 pandemic. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 2(2), 242-248. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i2.64

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media pembelajaran di era society 5.0 untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 52–61. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17

Rizqi, Z. U., Purba, R. D. A., & Nugroho, R. R. (2019). Penentuan strategi pengembangan bisnis menggunakan Analisis Swot dan business model canvas. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019.

Sari, D. P. & Oktafianto, A.(2017). Penentuan strategi bisnis menggunakan analisis SWOT dan matriks IFAS – EFAS pada CV. Dinasty. Seminar Nasional IENACO-2017.

Skarbez, R. (2019). Immersive Analytics: Theory and Research Agenda. Frontiers in Robotics and AI, 6. https://doi.org/10.3389/frobt.2019.00082

Sutanto, S. (2022). Efektivitas metaverse tourism sebagai sarana promosi wisata alam hiu paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles