Efektvitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan

Miftahudin Maulana, Maulana (2023) Efektvitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
BAB IV CD PERPUS.pdf

Download (420kB)

Abstract

Kemunculan pandemi Covid-19 membuat pemerintah berupaya untuk mengeluarkan berbagai program kebijakan yang dapat membantu masyarakat secara langsung. Tidak hanya terpaku pada penanganan medis, pemerintah berusaha untuk memberikan solusi atas permasalahan kesejahteraan sosial yang terjadi. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial tersebut, pemerintah menggelontorkan berbagai skema bantuan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan yang berupa uang dan diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan yang rentan terkena dampak akibat dari wabah Covid-19. Penelitian mengenai Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemik Covid-19 Tahun 2020 di Kelurahan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara, teknik pemilihan informan menggunakan teknik penentuan sampel dengan 7 informan. Teori yang digunakan yaitu teori Budiani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian Bantuan Sosial Tunai di Kelurahan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan sudah efektif atau sesuai dengan indikator yang digunakan yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:28
Last Modified: 12 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item