Kombinasi Algoritma A Star Navigational Mesh Dan Finite State Machine Pada AI NPC Enemy Game 3D SPY IN LIFE

Saribu, Muhammad Elang Perkasa Putra Dolok (2023) Kombinasi Algoritma A Star Navigational Mesh Dan Finite State Machine Pada AI NPC Enemy Game 3D SPY IN LIFE. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (936kB)

Abstract

Perkembangan teknologi permainan mengalami perkembangan yang pesat dan munculnya jenis game yang diminati salah satunya pada entertainment game, entertainment game terdapat genre Stealth dimana pemain diperintahkan menghindari pertempuran meminimalkan kebisingan dan mencari informasi musuh dalam bayang bayang. Pengembangan video game bergenre Stealth ini harus bersamaan dengan pengembangan Artificial Intelligence NPC (Non Player Character) yang dapat berinteraksi sebagai enemy dalam lingkungan game. NPC harus dibuat dapat mempunyai kemampuan untuk mengejar serta mendeteksi pemain. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu metode dan algoritma apa yang dapat dipakai untuk mendeteksi pemain. Sehingga salah satu metode yang dapat digunakan merupakan algoritma A* Navigational Mesh menggunakan Finite State Machine. Algoritma A* Navigational mesh digunakan sebagai algoritma penentu jalan (Pathfinding) untuk menentukan jalan patrol dan juga mengejar pemain. Metode finite state machine digunakan untuk interaksi situasi input dari pemain dan sebagai logika yang memutuskan apa yang harus NPC lakukan pada pemain. Hasil dari penelitian ini dari aplikasi algoritma serta metode tersebut didapatkan bahwa ketiganya dapat dikombinasikan dengan baik. Hasil yang didapat adalah dari 300 frame data yang terekam, pada proses ini algoritma tersebut memiliki 2 hasil yang didapat dari Level 1 dan Level 2. Pada Level 1 nilai tertinggi pada frame 143 dan memiliki nilai total resource sebesar 2.1% sedangkan Level 2 nilai tertinggi pada frame 240 dan memiliki nilai total resource sebesar 5.1%. hal tersebut terbilang cukup besar mengakibatkan hasil benchmark pada Level 1 merender sebanyak 2425 frames dengan waktu 81.281 s memiliki nilai fps rata rata 29.8 FPS dan memiliki nilai FPS tertinggi 60 FPS. Pada Level 2 merender sebanyak 4991 frames dengan waktu 232.015s memiliki nilai fps rata rata 21.5 FPS dan memiliki nilai FPS tertinggi yaitu 60 FPS yang artinya device yang digunakan kurang optimal untuk memainkan game tersebut. Kata Kunci — A Star Navigational Mesh, Finite State Machine, Artificial Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:43
Last Modified: 10 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item