PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BIDANG KULINER DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DEPOK

Shilvi, Fahradika Ika (2023) PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BIDANG KULINER DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DEPOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (COVER, LEMBAR PENUNJANG, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN (DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, DAFTAR RIWAYAT HIDUP, TURNITIN).pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin meningkat sejak beberapa tahun terakhir ini. Peralihan masyarakat menjadi pebisnis yang dijalankan sendiri, disebabkan oleh tingginya angka PHK yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia kehilangan pekerjaan dan akhirnya mencoba peruntungan mereka dengan menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan sektor yang mampu bertahan menghadapi krisis perekonomian. Tetapi keberadaan UMKM masih belum mendapat perhatian, bantuan, pembinaan dan perlindungan yang baik oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui penyelenggaraan pelayanan perizinan dan faktor penghambat dari pelayanan perizinan UMKM bidang kuliner di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam menggunakan teori Afandi (2018) untuk meningkatkan pelayanan publik, perlu diperhatikan komponen-komponen standar pelayanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi layanan. Dilihat dari indikator waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan dan sarana dan prasaranan menunjukkan telah berjalan dengan baik. Namun, dari indikator prosedur pelayanan dan kompetensi petugas pemberi layanan masih memiliki kendala, seperti terkendalanya sistem yang down dan jaringan yang tidak stabil dapat menghambat prosedur pelayanan tidak berjalan sebagai mestinya, banyak masyarakat yang belum mengetahui tata cara untuk menggunakan aplikasi. Selain itu, kompetensi petugas pemberi layanan belum terlaksana dengan baik seperti segi kualitas maupun jumlah untuk kegiatan teknis masih kurang. Petugas pelayanan belum bisa menjelaskan terkait izin secara detail dan terkadang tidak ada di lokasi. Pelayanan untuk berinteraksi dengan masyarakat penyandang difabel agak sensitif. Maka untuk bisa menghadapinya dibutuhkan mempelajari bahasa isyarat agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:48
Last Modified: 05 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item View Item