Analisis Isi Naskah Berita Pada Program TVR 09 Di TVR Parlemen DPR-RI (Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk)

Rowinda Putri Ayu Fellycia, Fellycia (2023) Analisis Isi Naskah Berita Pada Program TVR 09 Di TVR Parlemen DPR-RI (Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Skripsi BAB IV - Fellycia Rowinda (193516516067).pdf

Download (709kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis isi naskah berita pada program TVR 09 dengan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk yang terdiri dari tiga dimensi yakni dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan dimensi konteks sosial. Metode yang digunakan metode kualitatif dan pendekatan kritis. Tipe penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis struktur teks dalam isi naskah berita TVR 09 telah serupa dengan struktur-struktur teori Van Dijk yaitu struktur makro, suprastruktur, dan struktur mikro. Berdasarkan karakteristik analisis wacana kritis yaitu tindakan, konteks, histori, kekuasaan dan ideologi dapat mempengaruhi opini dalam penulisan teks isi naskah berita. Dan dapat dikatakan bahwa penggunaan bahasa dapat mempengaruhi arti dan makna yang luas dan multi tafsir. Dengan penggunaan kata yang mudah dipahami oleh seluruh masyarakat akan lebih mudah diingat, makna wacana pada isi naskah berita tersebut yaitu terdapat makna yang tersirat untuk disampaikan. Kesimpulan analisis isi naskah berita pada program TVR 09 di TVR Parlemen DPR-RI sudah selaras dengan analisis wacana kritis model Teun. A. Van Dijk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:46
Last Modified: 04 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7349

Actions (login required)

View Item View Item