KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SEKOLAH PURBA ADHIKA KARANG TENGAH DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS ( AUTISME ) PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR

Wulandari Fitria, Fitria (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SEKOLAH PURBA ADHIKA KARANG TENGAH DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS ( AUTISME ) PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang mengandalkan komunikasi untuk segalanya. Banyak orang percaya bahwa berkomunikasi itu sederhana. Namun, jika terjadi noise dalam komunikasi, baik itu pada medium, komunikator, maupun komunikasi itu sendiri sehingga komunikasi akan menjadi sulit bagi seseorang. Dalam situasi ini, komunikasi mungkin tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini juga berlaku bagi guru dan siswa, terutama yang berkebutuhan khusus, selama proses belajar mengajar. Dalam interaksi komunikatif dengan anak berkebutuhan khusus sering terjadi proses komunikasi yang terputus. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa ketika berkomunikasi dengan siswa penerima pendidikan khusus autisme di Sekolah Purba Adhika, guru pun menyadari kekurangan dari murid nya tersebut, sehingga siswa penyandang disabilitas awalnya dapat diartikan bahwa mereka telah diajarkan tanggung jawab atas dirinya sendiri. Seiring berjalannya waktu, keterampilan sosial anak autis berkembang dengan baik setelah dikembangkan melalui peran komunikasi interpersonal guru. Hal ini ditandai dengan kemampuan komunikasi yang baik, kontak mata yang baik saat diajak bicara oleh guru atau orang tua, ekspresi emosi, dan ekspresi pertanyaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:04
Last Modified: 03 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7289

Actions (login required)

View Item View Item