KEPUASAN PELAYANAN MELALUI APLIKASI QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS) PADA MOBILE BANKING MUAMALAT – DIN DI KANTOR PUSAT OPERASIONAL MUAMALAT TOWER

Prastya, Derina Eka (2023) KEPUASAN PELAYANAN MELALUI APLIKASI QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS) PADA MOBILE BANKING MUAMALAT – DIN DI KANTOR PUSAT OPERASIONAL MUAMALAT TOWER. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (884kB)

Abstract

Pada zaman modern digital ini penggunaan uang tunai dinilai sangat tidak praktis bagi masyarakat pada saat melakukan transaksi pembayaran, dimana nasabah harus mencari Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terlebih dahulu atau cabang bank terdekat bila kehabisan dengan uang tunai yang mereka miliki. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Bank Indonesia menghadirkan QRIS dengan proses kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, dan kenyamanan yang bertujuan untuk memudahkan transaksi pembayaran nasabah. Untuk melakukan penelitian, peneliti menggunakan Teori Pelayanan Publik menurut Parasuraman dan menggunakan 5 indikator yang meliputi keandalan, nyata, daya tanggap, jaminan dan empati. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan penelitian berdasarkan data dan fakta melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan yang sudah ditentukan. Terdapat dua teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, untuk data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk data sekunder dilakukan dengan melakukan studi literatur. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan Kepuasan Layanan Melalui Aplikasi QRIS Pada KPO Muamalat Tower Jakarta Selatan menjadikan bentuk kemudahan dalam bertransaksi sudah berhasil dalam memberikan sebuah kemudahan terhadap nasabah tanpa adanya kesulitan. Dalam indikator kemudahan akses penerima manfaat memperoleh keamanan dan efisiensi waktu dalam bertransaksi menggunakan QRIS. QRIS membuat nasabah bertransaksi dengan mudah dan cepat bahkan tanpa harus membawa kartu atm dan dompet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:16
Last Modified: 23 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item