Deiksis pada drama Thirty-Nine (서른,아홉):Kajian pragmatik

Rositawati, Sheni (2023) Deiksis pada drama Thirty-Nine (서른,아홉):Kajian pragmatik. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (376kB)

Abstract

Maraknya drama Korea di sukai berbagai kalangan umur membuat peminat bahasa Korea semakin meningkat, peningkatan ini juga dikarenakan faktor bertambahnya perusahaan Korea di Indonesia yang menyebabkan orang-orang ingin menambah skill bahasa untuk keperluan pekerjaan maupun kehidupan social. Sebagai pengguna bahasa Korea sebagai bahasa kedua tentunya tidak boleh sembarangan, mengingat bahasa memiliki aturan yang di latarbelakangi oleh budaya penutur asli. Untuk membantu memahami konteks yang benar harus mempertimbangkan karakter pembicara, tujuan, waktu, tempat dan situasi dalam konteks obrolan (Deiksis) sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam penyampaian maupun pemahaman pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis deiksis dan menganalisis penggunaannya melalui drama Korea berjudul “Thirty-Nine (서른,아홉)” episode 1,2&3. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak libas cakap, dengan acuan teori dari Stephen C.levinson (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa deiksis yang paling banyak dituturkan adalah deiksis sosial, lalu deiksis orang pertama diikuti oleh deiksis waktu, deiksis orang ketiga, deiksis orang kedua, lalu deiksis wacana dan Deiksis tempat. Hampir keseluruhan penggunaan bahasa dalam drama ini adalah informal dan semi formal/casual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:07
Last Modified: 16 Jun 2023 08:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item