STRATEGI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS PARTAI KEPADA KAUM MUDA DI KOTA JAKARTA BARAT PADA PERIODE 2019 – 2021

Madiah, Ainun (2023) STRATEGI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS PARTAI KEPADA KAUM MUDA DI KOTA JAKARTA BARAT PADA PERIODE 2019 – 2021. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Lampiran - lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terdapatnya partai politik baru yang dimana partai tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang pada Pemilu 2019 PSI memperoleh 8 Kursi di DPRD DKI Jakarta, hal yang senantiasa menarik untuk dibahas adalah bagaimana Strategi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam meningkatkan popularitas sebagai Partai politik baru dengan partisipan kaum muda yang berhasil lolos uji verfikasi pada Pemilu 2014, dan memenangkan 8 kursi di DPRD DKI Jakarta, dimana salah satu Dapil di DKI Jakarta yaitu Dapil Jakarta Barat telah menyumbangkan 2 kursi di DPRD DKI Jakarta, Yaitu William sebagai Dewan terpilih termuda se DKI Jakarta dengan usia 23 tahun, serta Eneng yang terpilih dengan usia dibawah 35 tahun. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah teori Partai Politik, Strategi Marketing Politik, Strategi Sosialisasi Politik, Konsep Perilaku Pemilih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Data dikumpulkan dengan Teknik wawacara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Straregi yang digunakan PSI menggunakan Strategi Sosialisasi 2 metode yaitu, metode Sosialisasi melalui Media Sosial dan melalui Program - Program Pendekatan Secara Langsung, selain itu dalam meneliti Strategi Marketing Politik PSI peneliti menjelaskan dengan 3 tahapan Marketing Politik Adman Nursal, yaitu Push Marketing, Pull Marketing, dan Pass Marketing. Hasil dari pelaksaan Strategi tersebut bahwa Popularitas PSI di Jakarta Barat pada periode 2019 – 2021 mengalami peningkatan dengan dibuktikan banyaknya yang mengenal PSI sebagai Partai Politik yang terdaftar pada Pemilu 2019 dan meningkatnya rasa ketertarikan kaum muda di Kota Jakarta Barat untuk mengenal lebih dalam PSI. Akan tetapi secara elektabilitas partai PSI masih rendah dan suara yang diperoleh oleh PSI Pada Pemilu 2019 lebih di dominasi oleh pemilih dengan usia 40 tahun ke atas, ini menunjukan bahwa Strategi Sosialisasi maupun Marketing Politik PSI kepada kaum muda di Kota Jakarta Barat masih belum maksimal tersampaikan oleh kaum muda di Kota Jakarta Barat, karena kaum muda di Jakarta Barat masih ingin memilih untuk mengenal lebih dalam PSI atau masih pada tahap branding, dan karena kaum muda di Kota Jakarta Barat termasuk dalam kategori Perilaku Pemilih Rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:30
Last Modified: 15 Jun 2023 06:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item