Aisyi, Anggra Liany Rihadatul (2023) STRATEGI FORUM ANAK DAERAH JAKARTA SELATAN (FANDJAS) DALAM MEWUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK DI JAKARTA SELATAN PERIODE 2020-2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (668kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB 2-.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (140kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya success story atau kisah keberhasilan Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS) dalam mewujudkan Kota Layak Anak di Jakarta Selatan diantaranya ialah terwujudnya Asosiasi Perusahaan Anak Indonesia (APSAI), berhasil meningkatkan presentase Anak dalam mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) selama 2 (dua) tahun terakhir, memberikan Fasilitas Informasi Layak Anak (ILA), mencapai target 100% pembentukan Forum Anak tingkat Kecamatan dan Kelurahan pada tahun 2020, aktif terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) hingga berhasil mewujudkan Pusat Kreativitas Anak (PKA) serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi Anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi yang dilaksanakan oleh Forum Anak Daerah Jakarta Selatan serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi data sekunder. Metode pengolahan data menggunakan tata cara penyimpulan menurut model Seidel (1998), dalam hal ini memakai informan yang berbeda untuk mengecek kebenaran dari data yang diinformasikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan landasan teori startegi yang dikemukakan oleh Geoff Mulgan (2009) sangatlah penting untuk keberlangsungan Forum Anak, startegi yang diterapkan oleh Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS) khususnya Tingkat Kota Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Jakarta Selatan Periode 2020-2022 kuncinya pada dimensi Tujuan (Purpose) memiliki strategi membuka peran partisipasi kepada masyarakat untuk ikut Menyusun, Memonitoring, Mengarahkan dalam aktivitas untuk mewujudkan Kota Layak Anak pada karakter atas nilai-nilai positif. Sedangkan, kunci lainnya ialah pada dimensi Pembelajaran (Learning) yaitu menemukan strategi yang diberikan oleh Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS) dalam bentuk buku panduan atau pedoman setiap tahunnya. Namun, dari beberapa dimensi strategi untuk keberhasilan oleh Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS) tidak dapat dikatakan maksimal. Hal ini dikarenakan, masih banyaknya harapan dan evaluasi atas strategi yang sudah dijalankan oleh Forum Anak menjadi kekurangan untuk catatan strategis bagi Forum Anak Daerah Jakarta Selatan (FANDJAS) yang sudah berhasil mewujudkan Kota Layak Anak. Maka, kekurangan disini menjadi sebuah temuan yang dimaknai sebagai hal yang belum maksimal. Dengan cara mengaktifkan secara penuh keterlibatan Forum Anak, selalu mengadakan Evaluasi yang dimaksimalkan, dan perlunya perubahan atas masalah-masalah mengenai anak di daerah Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:21 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:50 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6479 |
Actions (login required)
View Item |