CERITA SEBAGAI MEDIUM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTERDI SEKOLAHTKANNIZOMIYAH PEJATEN JAKARTA

Dwi Kartikawati, - (2019) CERITA SEBAGAI MEDIUM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTERDI SEKOLAHTKANNIZOMIYAH PEJATEN JAKARTA. DINAMISIA, 3 (2). ISSN 2614-7424

[img] Text
3148-Article Text-8324-1-10-20200121.pdf

Download (591kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/a...

Abstract

AbstractNational character development has never been this urgent due to the rapid development of science and technology as well as globalization nowadays. This effort can be done through storytelling since it is an effective way of the instillation of morality and good character development for children of a young age. Storytelling activities in Annizomiyah Kindergarten in Pejaten, South Jakarta, aimed to encouragestudents to acquire, master and comprehend the noble values in the stories such as honesty, cooperation, etc. Storytelling was one among their other various learning tools in respect of developing national characters. In conclusion, interactive storytelling is an effective way to obtain the goals of this school in regards to the character development since noble values can easily be instilled in young children’s mind through interestingand compelling stories so that they will grow as individuals with goodmoral charactersin future.Keywords—Storytelling,Character values, Kindergarten SchoolAbstrakMembangun nilai-nilaikarakter yang baik menjadi sangat urgent untuk dikembangkan karena melihat kondisi perkembangan iptek dan globalisasisekarang ini. Bercerita adalah cara yang efektif dalam menanamkan moral pada anak-anak dan membentuknilai-nilai karakteryang baikKegiatan bercerita ini diselenggarakan di sekolah Taman Kanak-Kanak Annizomiyah Pejaten Jakarta Selatan. Tujuannya adalah supaya parasiswa TKdapat mengenal, menguasai dan memahamimengenai nilai-nilai karakter yang baik dalam cerita antara lain kejujuran, kerjasama, dan lain-lain. Bercerita dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran yang variatif dalam pendidikan karakter bangsa. Hasil evaluasi dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para siswa TK menunjukkan antusiasme tinggi, mampu berinteraksi dengan para pencerita, dan ketika dievaluasi nilai-nilai karakter yang baik dan buruk yang muncul dalam cerita mereka mampu memberikan contoh dalam kehidupan sehari hari mereka. Akhirnya, dengan penceritaan yang menarik maka tujuan kegiatan ini bisa dicapai karena para peserta bisa belajar dari cerita sehingga bisa menumbuhkan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakternantinya.Kata kunci—Cerita, Nilai Karakter, SekolahTaman Kanak-kanak

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Artikel > Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: BPSI Unas
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:32
Last Modified: 30 Jul 2020 05:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item