PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI OLEH PEREMPUAN PELAKU USAHA KREATIF DI YOGYAKARTA ( STUDI PADA KERAJINAN AARION BAG YOGYAKARTA )

Dwi Kartikawati, - (2015) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI OLEH PEREMPUAN PELAKU USAHA KREATIF DI YOGYAKARTA ( STUDI PADA KERAJINAN AARION BAG YOGYAKARTA ). In: Konferensi Nasional Komunikasi Pariwisata dan Kewirausahaan 2015.

[img] Text
prociding KNKPK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perempuan, tehnologi dan wirausaha kreatif. Ketiga konsep penting dalam penelitian ini mengarah kepada bagaimana para pelaku usaha kecil yaitu perempuan memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi sebagai media promosi usaha mereka.kemajuan tehnologi dan informasi memiliki peluang untuk dimanfaatkan sebagai penunjang usaha kreatif perempuan. Pemanfaatan yang dilakukan adalah sebagai sarana promosi. Bauran promosi adalah satu hal terpenting dalam dunia bisnis dan perdagangan. Mengapa? Karena promosi adalah cara untuk mengenalkan produk kita ke masyarakat dan calon pembeli yang potensial. Kalau kita tidak mempromosikan produk-produk kita, lalu bagaimana agar masyarakat dapat mengenali produk kita. Untuk itulah peneliti mengajukan pertanyaan bagaimana pemanfaatan tehnologi komunikasi sebagai media promosi dalam pengembangan usaha perempuan pelaku usaha kreatif di Yogyakarta yaitu di produk kerajinan Aaron bag. Aaron bag adalah produk kerajinan tas yang memanfaatkan resleting sebagai bahan utamanya. dengan kreativitas yang tinggi, fungsi resleting tidak hanya digunakan sebagai alat penutup saja, tapi bisa juga digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat produk seperti tas, dompet, dan lain-lain. Kerangka teoritik dalam penelitian ini adalah konsep tehnologi informasi dan komunikasi,teori kehadiran sosial, bauran promosi dan media promosi, konsep erempuan dan tehnologi, wirausaha kreatif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan pengumpulan datanya utamanya adalah wawancara mendalam dengan pelaku usaha Aarion Bag di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan wirausaha menjalankan usahanya, memanfaatkan tehnologi komunikasi sebagai media utama promosi mereka yang justru sangat mendukung pencapaian usaha kecilnya, justru dapat mempermudah segala keterbatasannya dengan status ganda perempuan sebagai pengurus rumah tangga, pendamping suami, pimpinan pelestarian budaya Heritage Yogyakarta, dan sekaligus sebagai wirausaha. Ada beberapa faktor pendorong, faktor bertahan dan faktor penganggu yang dialaminya. Strategi promosi yang dilakukan cenderung menggunakan semua bauran promosi yang cenderung terutama pemanfaatan komunikasi interakstif dalam forum laman blog dan media sosial dan tehnologi selular. Pemilik memahami mengenai keempat bagian dalam bauran promosi ini namun belum optimal pemanfaatan yang dilakukan karena beberapa alasan. Menurutnya penggunaan tehnologi komunikasi tersebut justru dapat mendekatkan produk mereka kepada target pasar, sarana pengenalan mereka dan publisitas, sarana interaksi sosial mereka dengan kehadiran sosialnya di hadapan customernya, sarana multi tujuan bisnis dan sosial. Dengan penelitian ini nantinya supaya masyarakat,khususnya perempuan memiliki potensi,kemauan, kemampuan, dan akses terhadap tehnologi komunikasi yang menunjang perekonomian keluarga di manapun mereka berada.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Artikel > Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: BPSI Unas
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:02
Last Modified: 30 Jul 2020 05:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item