IRFANDI, MUHAMAD RIFKI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS MATERIAL POROS PENGGERAK PADA KENDARAAN RODA DUA KAPASITAS 110 CC. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (832kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (745kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (810kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (733kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (331kB) |
Abstract
Analisis Perbandingan Kualitas Material Poros Penggerak Pada Kendaraan Roda Dua Kapasitas 110 cc. Poros penggerak merupakan suatu komponen utama dalam suatu mesin pembakaran kendaraan bermotor. Poros penggerak berfungsi untuk menghubungkan putaran poros engkol dari mesin menuju puli primer poros penggerak sebagai poros utama komponen tersambung dengan poros engkol mesin secara tetap sehingga rpm mesin sama dengan rpm puli primer. Permasalahan timbul terkait kualitas poros penggerak kendaraan roda dua 110 cc tahun 2017 dan tahun 2021. Tujuan penelitian adalah mengetahui kualitas dari poros penggerak orisinil sepeda motor kapasitas 110 cc tahun 2017 dan tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian komposisi kimia mengacu ASTM 415, pengujian kekerasan mengacu ASTM E10, dan pengujian struktur mikro mengacu ASTM E3. Hasil pengujian menunjukan bahwa material baku poros penggerak tahun 2017 dan poros penggerak tahun 2021 adalah baja karbon AISI SAE 1050. Struktur material poros penggerak tahun 2017 terdiri atas fasa martensit dan bainit, sedangkan poros penggerak tahun 2021 terdiri atas fasa ferit dan perlit. Nilai kekerasan permukaan pada bagian atas (303,7 HB), tengah (280,6 HB),dan bawah (278,0 HB) dengan nilai rata-rata sebesar (287,4 HB) atau seluruh bagian poros penggerak kendaraan roda dua tahun 2017 lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pada bagian atas (250,9 HB), tengah (231,1 HB), dan bawah (245,2 HB) dengan nilai rata-rata sebesar (242,4 HB) poros penggerak kendaraan roda dua tahun 2021 dengan selisih nilai kekerasan pada poros penggerak tahun 2017 dan 2021 sebesar 4,5%. Poros penggerak kendaraan roda dua tahun 2017 telah mendapatkan perlakuan panas yang terdiri atas austenisasi, quenching dan tempering, sedangkan poros penggerak kendaraan roda dua tahun 2021 tanpa perlakuan panas. Dari indikator pengujian kekerasan, komposisi kimia, dan mikrostruktur tersebut dapat diketahui bahwa poros penggerak tahun 2017 lebih baik dibandingkan poros penggerak tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknik dan Sains > Program Studi Teknik Mesin |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:22 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:22 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6219 |
Actions (login required)
View Item |