STRATEGI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID DALAM PUBLISITAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PROGRAM PASAR DIGITAL (PaDi) KEMENTERIAN BUMN TAHUN 2021

Alatas, Mutiara Nurseha (2022) STRATEGI PEMBERITAAN MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID DALAM PUBLISITAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PROGRAM PASAR DIGITAL (PaDi) KEMENTERIAN BUMN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER NEW.pdf

Download (866kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (689kB)

Abstract

Strategi pemberitaan yang dilakukan oleh Republika sangatlah penting terhadap kepercayaan masyarakat pada pemberitaan program-program yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Media online memberikan ruang kepada masyarakat untuk lebih cepat mencari informasi atau berita yang bisa memberikan efek positif untuk kesejahteraan masyarakat. Program Pasar Digital (PaDi) dapat diakses oleh semua kalangan baik muda ataupun tua selama mempunyai alat komunikais yang mendukung untuk mengakses internet. Strategi pemberitaan republika diantaranya peliputan, dimana wartawan meliput suatu kejadian yang sedang terjadi di suatu tempat untuk selanjutnya dijadikan sebagai sumber data untuk membuat berita, kemudian penulisan berita dengan menggunakan unsur 5W1H menentukan judul dan teras berita, editing berita dan penyebaran berita. Strategi pemnberitaan yang dikemukankan oleh Anwar menjelaskan bagaimana strategi yang dipilih oleh Republika dalam pemberitaan PaDi UMKM. Peneliti menggunakan teori hirarki pengaruh sebagai teori pendukung, karena teori ini menjelaskan level-level apa saja yang dapat memengaruhi isi pemberitaan media. Dari berbagai informasi yang dihasilkan oleh peneliti dengan menggunakan metode wawancara informan dapat disimpulkan bahwa strategi Republika yang ingin memberikan pentingnya kepercayaan masyarakat terhadap pembaca untuk mempublikasikan mengenai program yang sedang dikembangkan pemerintah (BUMN) guna menciptakan kesejahteraan pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar bisa berkembang dengan adanya Program Pasar Digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:24
Last Modified: 03 Jan 2023 04:24
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6197

Actions (login required)

View Item View Item