STRATEGI KEBIJAKAN REDAKSIONAL POSKOTA.CO.ID DALAM MENYAJIKAN BERITA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KREDIBILITAS

Agustin, Risca Cahyani (2022) STRATEGI KEBIJAKAN REDAKSIONAL POSKOTA.CO.ID DALAM MENYAJIKAN BERITA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KREDIBILITAS. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN RISCA.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I Risca.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II Risca.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III Risca.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV Risca.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V Risca.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (911kB)

Abstract

Poskota.co.id merupakan portal berita online yang sebelumnya terkenal dengan surat kabarnya, poskota. Penelitian mengungkap bahwa generasi muda sering mengakses berita di portal berita online. Disisi lain, penelitian mengungkap kredibilitas media konvensional yang juga memiliki media online sangat rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seperti apa strategi kebijakan redaksional poskota.co.id dalam menyajikan berita sebagai upaya mempertahankan kredibilitas. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas Flanagin & Metzger, 2000. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ialah penyajian isi berita dalam poskota.co.id memiliki keseimbangan terhadap empat rubrik yang menjadi prioritas, yaitu berita kriminal, berita perkotaan, lifestyle dan hiburan. Adapun kebijakan redaksional poskota.co.id perihal penulisan berita breaking news ialah 3W+1H yang berisi tentang apa, dimana, kapan peristiwa itu terjadi. Sedangkan, penyeleksian, penyuntingan, penjadwalan berita dikumpulkan ke tempat menampung berita yang didapat reporter agar dipilih oleh editor online untuk memprioritaskan berita apa saja yang secepatnya dipublikasikan. Posisi berita dimuat mengacu pada rubrik yang dibuat dan posisi headline mengacu pada berita yang hangat dibicarakan. Poskota.co.id terus berupaya mempertahankan berita ringan dalam bentuk kartun lamberger sebagai bentuk ciri khas dari medianya. Sebagai media independen, poskota.co.id menolak untuk mempublikasikan berita terkait dengan keberpihakan pada individu atau kelompok. Selain itu, poskota.co.id juga membuat survei pembaca untuk bahan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:31
Last Modified: 03 Jan 2023 04:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item