PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM LAYANAN E-SAMSAT DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA

Kavana, Alfia Fizlly (2022) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM LAYANAN E-SAMSAT DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover Alfia.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1 alfia.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2 alfia.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 3 alfia.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 4 alfia.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB 5 alfia.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran Alfia (Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran, Dokumentasi, Biodata Penulis, Lembar Awal Hasi.pdf

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan E-Government Dalam Layanan E-Samsat di Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta yang dipertajam pelaksanaannya di SAMSAT Jakarta Timur, dilihat dari Elemen Sukses Penerapan E-Government menurut Hasil Kajian Harvard JFK School of Government yaitu Support, Capacity, dan Value. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan berjumlah 8 (delapan) orang terdiri dari Kepala Satuan Pelaksana Penyuluhan Unit Pusat Data dan Informasi Pendapatan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelayanan, Staff Unit Pelayanan di Tata Usaha Pajak, PJLP Unit Pelayanan di Tata Usaha Pajak, dan 4 masyarakat wajib pajak pengguna layanan E-Samsat di Jakarta Timur. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang bersumber dari data yang ada di Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta dan SAMSAT Jakarta Timur, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Penerapan EGovernment Dalam Layanan E-Samsat dilihat dari elemen Support, Capacity, dan Value sudah terlaksana dengan sukses, meskipun masih terdapat beberapa hambatan yaitu, sosialisasi dan pendekatan secara langsung belum berjalan optimal, layanan E-Samsat belum memberikan perubahan secara signifikan. Faktor pendukung layanan E-Samsat yaitu, transformasi digital, perubahan mindset masyarakat, ketersediaan infrastruktur, dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, dan tidak perlu mengantre di loket pembayaran manual. Faktor penghambat layanan E-Samsat yaitu, tidak sepenuhnya online, keterbatasan pengguna hanya untuk 1 wajib pajak, gangguan jaringan, bank-bank yang bekerjasama masih sedikit, dan tidak ada pengiriman diantar kerumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:56
Last Modified: 14 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5854

Actions (login required)

View Item View Item