Hidayantono, Taufik (2022) SIMBOL BUDAYA LOGO HALAL VERSI 2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN (DAFTAR PUSTAKA,SURAT TUGAS,SURAT KESEDIAAN PEMBIMBING, DAFTAR RIWAYAT HIDUP, CEK TURNIT.pdf Download (915kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengungkap simbol budaya dalam logo halal versi 2022. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama RI merupakan lembaga yang mendapat tugas baru berupa wewenang mengeluarkan sertifikasi Halal kepada setiap produk yang beredar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi yang dilakukan melalui pengamatan, pencatatan, yang sesuai dengan simbol tanda pada logo Halal baru yang digunakan. Hasil penelitian ini adalah terdapat tanda yaitu, Representamen, yaitu bentuk Gunungan Wayang Kulit. Object, yaitu bentuk Gunungan Wayang Kulit, motif kain surjan, dan kaligrafi kath khufi. Interpretant, yaitu bentuk gunungan yang mengkrucut ke atas interpretasi dari Gunungan Wayang Kulit yang memiliki simbol-simbol makna kehidupan manusia seharihari, kaligrafi kath khufi yang memiliki bentuk tegas, lurus, kaku interpretasi dari baju batik motif surjan lurik. Kaligrafi yang digunakan yaitu jenis kath khufi adalah jenis kaligrafi tertua di dunia yang memiliki nuansa kuno tetapi indah dilihat. Elemen dan simbol tanda di dalam logo Halal baru berdasarkan, makna yang cukup mewakili apa yang ingin disampaikan dan sejalan dengan tujuan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal melalui logogram dengan perpaduan tiga buah tanda yaitu untuk khalayak menerimanya. Dampak yang ditimbulkan yaitu masyarakat Indonesia khususnya umat muslim dapat mengetahui makna – makna dari simbol budaya yang ada dalam logo halal versi 2022. Dalam penggunaan logotype dapat memperjelas logo Halal yang baru sehingga makna yang ingin disampaikan dapat melekat pada benak khalayak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:15 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:15 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5836 |
Actions (login required)
View Item |