STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PT. TABUNGAN DAN ASURANSI PEGAWAI NEGERI (TASPEN PERSERO) KANTOR CABANG DEPOK DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PESERTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Kurniawan, Mohamad Reza (2022) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PT. TABUNGAN DAN ASURANSI PEGAWAI NEGERI (TASPEN PERSERO) KANTOR CABANG DEPOK DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PESERTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, lampiran-lampiran, lembar awal hasil turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda segala penjuru dunia telah berdampak kepada perekonomian perusahaan yang terjadi di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 juga membuat Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan peraturan tentang pembatasan mobilitas masyarakat seperti Social Distancing dan Physical Distancing di luar rumah atau di fasilitas umum untuk menghindari penularan Corona Virus. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, pelayanan tatap muka pada PT. TASPEN (Persero) cabang Depok ditiadakan dan diganti dengan pelayanan dropbox dan beralih ke pelayanan digitalisasi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan PT. TASPEN (Persero) cabang Depok dalam mempertahankan kepuasan peserta di masa pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Customer Relationship Management oleh Shiffman dan Kanuk, dan Teori Customer Satisfaction oleh Kotler dan Keller. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian strategi Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan PT. TASPEN (Persero) cabang Depok dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu menggunakan pelayanan digitalisasi dan dropbox. Pelayanan digitalisasi yang dilakukan seperti memberikan klim otomatis melalui Taspen One Stop Service (TOSS), Taspen Care, dan Otentikasi. Selain itu PT TASPEN (Persero) cabang Depok melakukan beberapa aspek dalam melakukan kepuasan peserta dengan cara memberikan pelayanan yang cepat dan mudah, menangani komplain dengan baik, dan memberikan pelayanan melebihi dari harapan peserta dengan tagline “Andal Melayani”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:45
Last Modified: 07 Oct 2022 07:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item