PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT CAHAYA SUKMA SEBAGAI LITERASI INFORMASI ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SERUA KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN

Fachrezhy, Edwin (2022) PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT CAHAYA SUKMA SEBAGAI LITERASI INFORMASI ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SERUA KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf

Download (383kB)
[img] Text
4.BAB 3.pdf

Download (250kB)
[img] Text
5.BAB 4.pdf

Download (637kB)
[img] Text
6.BAB 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat Cahaya Sukma bagi dunia pendidikan non-formal memiliki peran dan fungsi mempererat hubungan sosial antar warga dalam wilayah guna mendapatkan struktur sosial yang diimpikan yaitu kerukunan warga yang pada masa Pandemi COVID-19 telah merubah pola hubungan sosial masyarakat sehingga mengalami keterasingan satu sama lain. Taman Bacaan Masyarakat Cahaya Sukma di Kelurahan Serua didirikan meningkatkan literasi informasi anak serta masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbagai informasi ditengah pandemi COVID-19 dengan memberikan sebuah jalur alternatif sebagai wadah baru untuk mengakses buku kepada anak dan masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui struktur fungsional dari peran Taman Bacaan Masyarakat Cahaya Sukma di Kelurahan Serua terhadap perkembangan literasi informasi anak di Serua, Kota Tangerang Selatan di masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran alternatif dan pelaksanaan kegiatan tetap terlaksana. Fenomena tersebut layak untuk dikaji dimasa pandemi COVID-19 dalam perspektif struktural fungsional oleh Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka dengan hasil penelitian menunjukkan adanya peran sebagai; (1). Menjembatani anak-anak putus sekolah; (2). Wadah bersama menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan oleh guru; (3). Perekat hubungan sosial antara murid dengan orang tua; dan (4). Wadah mensukseskan program pemerintah yaitu protokol kesehatan 3M. Adapun strateginya antara lain; (1). Membangun partisipasi masyarakat dengan pengumpulan buku bekas; (2). Melakukan pelatihan pembuatan barang bekas menjadi barang tepat guna; dan (3). Melakukan pengabdian masyarakat dengan program belajar sambil bermain minimal satu minggu sekali dari mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:42
Last Modified: 07 Oct 2022 07:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item