PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Penggemar K-Pop Pengguna Twitter Di Universitas Nasional Angkatan Tahun 2018)

Putri, Dea Ananda (2022) PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Penggemar K-Pop Pengguna Twitter Di Universitas Nasional Angkatan Tahun 2018). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFPUT - LAMPIRAN.pdf

Download (717kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk menginterpretasikan bagaimana perilaku penggemar K-pop dalam berinteraksi sosial di media sosial Twitter. Menggunakan dua teori utama sebagai pisau analisis, yaitu Teori Perilaku oleh Skinner dalam (Notoatmodjo, 2010) dan Teori Perilaku Komunikasi oleh Gould dan Kolb dalam (Ichwanudin, 1998). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Hasil penelitian ini ialah terdapat perilaku tertutup informan berupa persepsi, pengetahuan dan perhatian yang berkaitan dengan idola maupun penggemar lainnya, perilaku terbuka berupa adanya respon terbuka, hubungan yang terjalin serta presentasi diri informan sebagai penggemar K-pop, komunikasi verbal informan berupa penyampaian dan pengekspresian perasaan, pemberian tanggapan, percakapan/diskusi, dan penggunaan Korean Slang, serta komunikasi non-verbal informan berupa penggunaan Like Retweet, adanya kegiatan mengunggah dan mengunduh, perubahan intonasi suara dan ekspresi dan penggunaan Bahasa tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi para penggemar K-pop di Universitas Nasional dapat dilihat dari pengimplikasian terhadap perilaku komunikasi penggemar Kpop yang sangat beragam. Saran yang diberikan, yaitu untuk para kelompok penggemar untuk tidak mengidolakan secara berlebihan, tidak meninggalkan budaya atau tradisi negara sendiri, dan meningkatkan pengetahuan dalam berkomunikasi dan bermedia sosial yang baik untuk meminimalisirkan terjadinya fanwar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:33
Last Modified: 06 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item