STRATEGI GASTRODIPLOMASI UNTUK MENINGKATKAN NATION BRANDING INDONESIA DI AUSTRALIA TAHUN

Putri, Rima Handini (2022) STRATEGI GASTRODIPLOMASI UNTUK MENINGKATKAN NATION BRANDING INDONESIA DI AUSTRALIA TAHUN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (206kB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner serta cita rasa yang autentik, hal ini menjadi peluang bagi Indonesia dalam menggunakan gastrodiplomasi untuk meningkatkan nation branding Indonesia. Australia dipilih sebagai negara tujuan Indonesia dalam melakukan gastrodiplomasi karena banyaknya diaspora Indonesia yang menetap disana serta banyaknya restoran Indonesia yang tersebar di wilayah bagian Australia. Penelitian ini berfokus kepada pembahasan mengenai upaya Indonesia dalam melakukan gastrodiplomasi, dimana pertanyaan penelitiannya yaitu: “Bagaimana upaya Indonesia dalam melakukan strategi gastrodiplomasi di Australia pada tahun 2018-2020?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan upaya Indonesia dalam melaksanakan gastrodiplomasi. Penelitian ini menggunakan teknik data studi pustaka, dengan sumber dari data sekunder yang berasal dari buku, laporan, dan sebagainya, serta dianalisa dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlandaskan pada konsep Diplomasi Publik dan Gastrodiplomasi dimana keduanya merupakan turunan dari konsep Diplomasi Kebudayaan dan teori Soft Power, serta menggunakan konsep Nation Branding sebagai instrumen analisa. Berdasarkan analisa, peran dari aktor negara dan non negara dalam perkembangan gastrodiplomasi Indonesia untuk meningkatkan nation branding negaranya, belum menemukan hasil yang signifikan atau pelaksanaan gastrodiplomasi Indonesia di Australia masih belum efektif dan perlu adanya perhatian khusus untuk memaksimalkan keberhasilan gastrodiplomasi Indonesia dalam meningkatkan nation branding di Australia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:32
Last Modified: 06 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item