PERBEDAAN KEPUASAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM TAQYCHAN SAFFRON DI KALANGAN FOLLOWERS

Rahma, Adifa (2022) PERBEDAAN KEPUASAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM TAQYCHAN SAFFRON DI KALANGAN FOLLOWERS. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif melalui metode survei kepada followers Instagram @taqychansaffron mengenai Bagaimana perbedaan antara Gratifications Saught dan Grafication Obtained di lihat dari motif follower. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut maka digunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, analisis uji normalitas, analisis uji homogenitas, dan analisis uji paired sampel t. Jumlah populasi sebanyak 215 dengan jumlah sampel 140 followers penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuisioner pada followers. Pengujian analisis data menggunakan uji validitas dan reabilitas. Perbedaan followers memliki motif yang berbeda beda saat mengakses Instagram @taqychansaffron. Ada beberapa motif yaitu motif kogninif, motif afektif, motif integrasi pribadi, motif integrasi sosial, motif pelarian. Tujuan penelitian ini Untuk melihat ada tidak perbedaan antara Gratifications saught dan Grafication Obtained di lihat dari motif follower. Hasil pengujian pada analisi deskriptif Dapat kita lihat pada kategori kualitas paling bagus dan paling tinngi pada motif variabel (X1) nilainya adalah pada kategori motif kognitif dengan nilai “setuju” sebersar 107 atau 76% dimana diartikan bahwa setiap followers Instagram @taqychansaffron mengkases akun @taqychansaffron untuk mencari informasi dan pengetahuan mengenai saffron. Dapat kita lihat Kembali kategori dengan nilai tertinggi pada moti pada variabel (X2) nilainya adalah “setuju” sebesar 104 atau 74% dimana diartikan bahawa followers taqychansaffron telah mendapatkan informasi serta pengetahun terkait saffron pada media Instagram @taqychansaffron. Pada analisi normalitas uji normalitas dengan menghasilkan nilai Kolmogorov-smirnov adalah 0,119 dan signifikansi sebesar 0,034 maka hasil signifikansi sebesar 0,034 > 0,05 maka di simpulkan distribusi data dalam penelitian ini berdistribusi normal sehingga bisa digunakan. Peneliti juga melakukan uji homogenitas dengan menghasilkan nilai uji signifikansi sebesar 0,438 karena hasil signifikansi sebesar 0,438 > 0,05 dapat di simpulkan bahwa distribusi data homogentitas dalam penelitian ini berdistribusi normal sehingga bisa digunakan. Peneliti juga menggunakan uji t dengan menghasilkan nilai data signifikansi sebesar 0,566 > 0,05 telah menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motif pada followers berbeda beda saat menjangkau media Instagram @taqychansaffron, sehingga dapat diartikan sebagai besar manfaat media insagram @taqychansaffron bagi followers sehingga memiliki motif yang berbeda beda. Adapun teori pada Uses and Gratifications yang dapat membuktikan bahwa followers Instagram @taqychansaffron memiliki motif yang berbeda beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:32
Last Modified: 06 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5657

Actions (login required)

View Item View Item