ANALISIS RESEPSI PEREMPUAN PADA PENGGAMBARAN PEREMPUAN DALAM IKLAN YOUTUBE NIVEA VERSI EXTRA CARE FOR EXTRA WOMEN

Mardiana, Sheila Tri (2022) ANALISIS RESEPSI PEREMPUAN PADA PENGGAMBARAN PEREMPUAN DALAM IKLAN YOUTUBE NIVEA VERSI EXTRA CARE FOR EXTRA WOMEN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (63MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus riset ini adalah untuk mengetahui bagimana resepsi perempuan terhadap penggambaran perempuan di dalam iklan youtube nivea versi extra care for extra women. Hal tersebut di latar belakangi oleh adanya pemaknaan yang berbeda – beda pada iklan nivea dari sisi khalayak perempuan. Iklan ini di rilis di youtube pada tahun 2020 pada saat pandemic. Penggambaran perempuan dalam iklan saat ini terlihat ada perubahan karena tidak melihat dari fisik perempuan yang sebagaimana di lihat dari iklan yang biasanya, tetapi menggambarkan perempuan yang menampilkan inner beauty- nya serta di desain dengan menggunakan stopmotion sehingga menghasilkan penonton sebanyak 22 juta jiwa. Tinjauan Pustaka yang di gunakan mulai dari konsep iklan, konsep youtube, konsep perempuan, perempuan dan media, perempuan dalam iklan dan teori Analisis Resepsi oleh Stuart Hall dan teori Tindakan audience terhadap media oleh Melvin De Fleur dan Sandra Ball - Rokeach . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma kontruktivism. Dengan pengumpulan data wawancara mendalam oleh 11 narasumber perempuan. Hasil wawancara menunjukan bahwa setiap narasumber memiliki jawaban yang berbeda – beda sesuai background masing – masing yang menghasilkan resepsi berada di posisi dominan dan negoisasi. Maka setelah menganalisis hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penelitian ini Mayoritas para narasumber menjawab di posisi Dominan – hegemonic terhadap gambaran perempuan dalam iklan nivea versi extra care di youtube dan menetapkan citra pigura dan citra pilar sebagai gambaran perempuan masa kini. Dan menghasilkan ke dalam teori Individual difference perspective, yang mana para audiens perempuan merespon dengan pendapat yang berbeda – beda sesuai kepribadiannya. Serta pada posisi ini narasumber menyetujui atau sesuai dengan penggambaran perempuan pada iklan nivea yang di buat oleh si pengiklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:31
Last Modified: 06 Oct 2022 02:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item View Item