EFEKTIVITAS FLASH CARDS DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA KOREA DI KELAS TINGKAT DASAR

Ramadhani, Dhea Permata (2022) EFEKTIVITAS FLASH CARDS DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA KOREA DI KELAS TINGKAT DASAR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan flash cards dalam penguasaan kosa kata bahasa Korea di kelas tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti mengambil sampel sebanyak 30 partisipan yang setelahnya dibagi menjadi 2 yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk dapat mengetahui efektivitas flash card dalam pengusaan kosa kata, dilakukan tiga langkah yakni, 1) uji sebelum perlakuan(pre-test) untuk kosa kata yang akan diajarkan di dua kelas, 2) pengajaran kosa kata menggunakan flash card di kelas eksperimen, dan pengajaran kosa kata secara konvensional, yakni hanya memberikan arti-arti dalam bahasa Indonesia dari kosa kata dasar yang diputuskan untuk diberikan selama sesi pengenalan huruf Korea(hang-geul), 3) uji setelah perlakuan(post-test) untuk kosa kata yang telah diajarkan di dua kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kenaikan nilai rata-rata di kelas ekperimen yang sangat signifikan(nilai signifikansi Sig. 0.00) pada posttest sebesar 87.20, sementara pada pretest sebesar 57.73. Sementara pada kelas kontrol, tidak menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata dari pretest ke posttest dengan nilai siginifikansi (sig. 0, 472).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:29
Last Modified: 06 Oct 2022 02:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item