STRATEGI KESANTUNAN POSITIF DAN NEGATIF DALAM TINDAK TUTUR DIREKTIF MEMINTA PADA DRAMA KOREA HI BYE, MAMA (KAJIAN PRAGMATIK)

Dita, Shabrina Cahaya (2022) STRATEGI KESANTUNAN POSITIF DAN NEGATIF DALAM TINDAK TUTUR DIREKTIF MEMINTA PADA DRAMA KOREA HI BYE, MAMA (KAJIAN PRAGMATIK). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (106kB)
[img] Text
lampiran-lamp turnitin.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kajian pragmatik yang membahas mengenai strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif dalam tindak tutur direktif meminta dari serial drama Hi Bye Mama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tindak tutur direktif meminta mana yang mengandung strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif yang terdapat dalam serial drama Hi Bye Mama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap yang dilanjutkan dengan teknik catat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif Yule dan strategi kesantunan Brown dan Levinson. Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan 72 data tindak tutur meminta yang kemudian diidentifikasikan lagi sesuai dengan stratetgi positif dan negatif. Terdapat 38 data strategi kesantunan positif dan 23 data strategi kesantunan negatif. Strategi kesantunan yang paling banyak digunakan adalah strategi kesantunan positif, dengan menggunakan strategi ini penutur menunjukan rasa perhatian, keakraban dan memberi anggapan bahwa penutur dan lawan tutur mempunyai kesan senasib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:28
Last Modified: 06 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5469

Actions (login required)

View Item View Item