KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SATPAS SIM KEPOLISIAN RESOR METRO BEKASI TAHUN 2021

Prastiwi, Auliza (2022) KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SATPAS SIM KEPOLISIAN RESOR METRO BEKASI TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (COVER-DAFTAR ISI).pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan masyarakat dapat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan. Keberhasilan meningkatkan efektivitas pelayanan umum ditentukan oleh faktor kemampuan pemerintah dalam meningkatkan disiplin kerja aparat pelayanan. Dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 2 Tentang Surat Izin Mengemudi menyebutkan bahwa yang berwenang dalam melakukan penerbitan SIM (Surat Izin Mengemudi) kepada masyarakat adalah Kepala Kepolisian di setiap wilayah masing- masing dan didelegasikan kepada Kepala Satuan Lalu Lintas. Jadi untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kabupaten Bekasi diterbitkan oleh Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) SIM Kepolisian Metro Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) SIM Kepolisian Metro Bekasi. Penelitian ini di analisi menggunakan teori Zeithaml dalam Hardiansyah terdiri dari 5 indikator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis teori Zeithaml dalam Hardiansyah, kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) SIM Kepolisian Metro Bekasi sudah di bilang cukup baik. Hal ini dibuktikan pelayanan yang sudah sesuai SOP yang berlaku, biaya yang sudah transparan, dan jelasnya proses pembuatan Surat Izin Mengemudi dari tahap awal hingga akhir. Namun masih ada beberapa masalah adalah, minimya bangku pemohon yang tidak sesuai dengan jumlah pemohon di hari libur, masih ada beberapa pemohon yang menanyakan kepada pemohon lain karena petugas tidak ada pada posisinya saat bertugas atau penjelasannya kurang dipahami pemohon, dan jaminan waktu yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:45
Last Modified: 05 Oct 2022 07:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5424

Actions (login required)

View Item View Item